Wisata Alam Sungai Brayeun

ACEHINSIDE.ID – Satu dari sekian banyak destinasi wisata di Aceh Besar adalah wisata alam Sungai Brayeun. Mengutip serambinewswiki, Brayeun merupakan tempat wisata yang terletak di Leupung, Kabupaten Aceh Besar.

Destinasi di Aceh Besar ini memiliki pesona alam berupa air yang jernih dan dikelilingi hutan yang tergolong perawan. Keindahan sungai Brayen adalah karena lokasinya diapit gunung-gunung tinggi. Dengan air sungai yang hijau dan dingin. Lokasi ini juga mempunyai kenyamanan tersendiri setiap wisatawan yang datang.

Baca juga: Destinasi Wisata Pulau Banyak Aceh Mulai Dibuka untuk Wisatawan

Menurut masyarakat setempat, hulu sungai tersebut di dalam kawasan taman nasional Ulu Masen yang di gugusan Bukit Barisan. Ulu Masen merupakan kombinasi lengkap antara hutan daratan rendah dan hutan daratan tinggi. Air jernih yang terdapat di Brayeun merupakan air yang mengalir dari hutan tersebut.

Karena lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk suasana kota. Bahkan cuacanya yang dingin membuat wisatawan semakin nyaman berada di tempat wisata itu.

Berdasarkan sejarah tempat tersebut dibuka untuk umum dan dijadikan lokasi wisata kembali mulai dari 2009. Warga menjadikan lokasi wisata, dikarenakan airnya ditampung dengan bagunan dinding beton. Dan air yang tertampung menjadi kolan besar tenang dengan mengeluarkan warna hijau bening.

Dari tahun itulah, tempat itu menjadi lokasi wisata altenatif bagi warga di pejuru Aceh ini. Karena melihat ramai yang berkunjung maka warga setempat mulai membangun balai kecil dan membuka usaha warung makan, menyewakan perahu karet dan menyediakan lapangan parkir.

Secara geografis, wisata alam Sungai Brayeun terletak di Desa Brayeun, Kecamatan Leupung, Aceh Besar. Jarak dari Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh, sekitar 30 kilometer arah ke barat atau sekitar 40 menit perjalanan menggunakan mobil.

Letak Sungai Brayeun agak tersembunyi karena tidak terletak di pinggir jalan utama Banda Aceh-Meulaboh. Lokasinya berada di pedalaman, dengan melewati tiga kampung. Tapi jangan khawatir, lokasi ini sangat mudah dicapai.

Baca juga: Pantai Terindah di Sabang, Indahnya Bikin Ngangenin

Selain karena jalan yang sudah memadai, di tepi jalan Banda Aceh – Meulaboh juga tersedia papan penunjuk arah menuju ke lokasi wisata Brayeun.

Wisata sungai Brayeun buka setiap hari mulai Pukul 8.00 WIB hingga 18.00 WIB. Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata tersebut 3000 per orang.