Ilustrasi Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Membangun usaha rumahan untuk ibu rumah tangga bukanlah sesuatu yang sulit. Bermodalkan tekad dan kemauan ingin sukses, jangankan bisnis modal kecil, usaha dengan kapasitas besar pun bisa dijalankan. Diluar sana, sudah sangat banyak kaum perempuan yang telah membuktikan dan menikmati hasilnya. Jika orang lain bisa, kenapa kamu tidak.

Diakui memang, seorang ibu memiliki tanggungjawab yang besar dirumah, mengurus suami dan anak-anaknya. Namun, itu bukan satu alasan untuk memulai dan mengembangkan usaha agar mendatangkan penghasilan tambahan keluarga. Justru dengan berbagai kesibukan dirumah tapi tetap mau berbisnis, seorang ibu akan disebut perempuan hebat.

Lantas apa saja inspirasi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang menggiurkan dan berpeluang mendatangkan omzet besar? Berikut akan kami jabarkan satu persatu.

Usaha Kuliner Rumahan
Bisnis bidang kuliner ini banyak jenisnya, dan pangsa pasarnya pun juga sangat luas. Namun untuk bisa sukses di usaha kuliner, seorang enterpreneur harus memiliki sesuatu yang unik, baik itu pada produk yang dipasarkan ataupun pelayanan yang diberikan.

Salah satu contoh usaha di bidang ini adalah serundeng rindu. Cemilan berbahan dasar ubi jalar ini disulap menjadi kuliner yang unik oleh pemilik Dapoer Duo Aisha. Untuk pemasarannya sendiri, ibu rumah tangga ini memanfaatkan media sosial dan juga relasi serta rekan-rekannya.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang beberapa produk yang dihasilkan oleh owner dapoer duo aisha, silahkan mengunjungi akun IG @dapoerduoaisha

Contoh lain bisnis bidang kuliner adalah jasa katering. Usaha ini bisa dijalankan di rumah, selain untuk memangkas biaya sewa tempat, juga akan memudahkan untuk memantau proses bisnis. Bila Anda adalah orang yang suka memasak, maka usaha kuliner rumahan sangat cocok untuk kamu.

Usaha Hantaran dan Mahar
Jenis usaha ini sedang naik daun dan belum banyak orang yang menjalankan ide bisnis ini. Kalau tidak percaya, coba lihat di sekitaran kamu berapa banyak orang yang menjalankan usaha hantaran dan mahar ini. Oleh karena itu, inspirasi bisnis ini bisa kamu coba di rumah.

Sebagai contoh, kamu bisa membuat kotak hantaran atau kotak mahar semenarik mungkin. Atau kamu bisa juga membuat kue-kue khusus yang dibawa untuk hantaran lamaran atau pernikahan. Misalkan dodol atau kue bolu yang dihias secantik mungkin dengan memberikan kesan mewah.

Usaha Handmade Rumahan
Jika kamu punya keahlian merajut, atau sering bikin kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, membuat buku edukatif anak, ini bisa dijadikan salah satu jenis usaha rumahan yang mudah dan gampang. Banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan ini.

Jenis usaha rumahan dengan modal kecil ini merupakan bisnis kreatif yang memiliki peluang untuk bertahan karena produk yang dihasilkan tergolong unik, eksklusif. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai kanal pemasaran. Asal tahu saja, bila produk yang kamu bikin tergolong menarik, orang enggak akan segan untuk membayar mahal.

Demikianlah beberapa bisnis rumahan yang cocok dijalankan di rumah. Semoga postingan ini menginspirasi para ibu rumah tangga untuk menjadi enterpreneur.