Usaha Roasting Kopi Gayo
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Pandemi Corona telah memukul langsung usaha roasting kopi Gayo di Aceh Tengah. Hal itu disampaikan Bahrul Effendi, akrab dipanggil Baron, pengelola usaha roasting, Selasa (21/4/2020) sebagaimana dirilis serambinews.com

“Sangat terasa dampaknya. Penjualan langsung anjlok 50 persen sampai 75 persen,” kata Bahrul Effendi.

Selama ini Baron banyak mengirim kopi roasting dan bubuk kopi ke sejumlah kedai kopi di beberapa kota besar di Indonesia, terutama Jakarta. Akibat pandemi Corona, pesanan turun drastis.

Baca juga: Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen

“Pesanan dari Jakarta bahkan sudah tidak ada sejak pandemi Corona. Kedai kopi banyak yang tutup. Saya hanya mengirim ke pelanggan pribadi, itu pun kecil sekali jumlahnya,” kata Baron.

Tapi pesanan dari kota-kota seperti Banda Aceh dan Medan masih ada, namun juga mengalami penurunan.

Bahrul Efendi mengelola usaha roasting dan bubuk kopi Aroma Gayo sejak sembilan tahun silam.

Pelaku usaha kopi lainnya di Aceh Tengah, Zam Zam Mubarak juga menyampaikan kondisi serupa. Ia mengatakan, para pedagang dan eksportir mulai berhenti membeli kopi dan ini berimbas langsung kepada petani kopi.

Zam Zam mendesak pemerintah segera mengambil langkah cepat mengatasi kondisi sulit ini. “Satu titik kesimpulan saya, semoga salah, dari beberapa persoalan Kopi Gayo hari ini maka 1-2 bulan ke depan kopi Arabika Gayo mengalami ‘lockdown’.

Baca juga: ASN dan Pegawai Honorer di Aceh Dilarang Mudik, Pemerintah Terbitkan Edaran

Gejalanya sudah kelihatan di permukaan, yakni koperasi dan toke kehabisan modal, dan melakukan aksi tunda beli.

Tidak adanya kepastian negara importir membeli kopi dan pemerintah belum melakukan aksi cepat mengatasi persoalan Kopi Gayo ini.

“Keadaannya seperti itu, makanya harus ada langkah cepat menyelamatkan petani kopi dan pelaku usaha kopi gayo,” demikian Zam Zam Mubarak.

Sedikit informasi, roasting kopi adalah proses pemanggangan biji kopi mentah. Ada tiga tingkat kematangan, yaitu light, medium, dan dark roast. Proses ini berfungsi membentuk rasa asli dari biji kopi.

Biji yang tidak di-roasting terlebih dahulu akan memiliki rasa yang sangat pahit saat diseduh.