Nanggroe Daerah UIN Ar-Raniry Banda Aceh Bebaskan Uang Kuliah

UIN Ar-Raniry Banda Aceh Bebaskan Uang Kuliah

-

- Advertisment -

ACEHINSIDE.ID – UIN Ar-Raniry Banda Aceh meringankan hingga membebaskan Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) kepada mahasiswa yang berdampak langsung covid-19. Hal itu untuk mendukung keberlangsungan pendidikan selama pandemi.

“Kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry akan diberikan keringanan biaya kuliah sesuai dengan dampak yang dialami, mulai dari keringanan dari UKT sebelumnya hingga dibebaskan 100 persen sesuai dengan kriteria masing-masing,” kata Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof. Warul Walidin dalam keterangannya, Kamis (9/7).

- Advertisement -

Beberapa kriteria yang akan mendapat pembebasan dan keringanan UKTB diberikan kepada mahasiswa yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19 dibebaskan UKT hingga 100 persen. Mahasiswa atau orang tuanya sakit karena Covid-19 akan ada pengurangan UKT sebesar 30 persen dari UKT sebelumnya.

Baca juga: Hakim di Aceh Dipukul Pakai Palu Usai Kabulkan Gugatan Cerai

Untuk permohonan tersebut dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit atau Gugus Tugas Covid-19 Provinsi atau Kabupaten/Kota. Selanjutnya, bagi mahasiswa yang hanya tinggal penyelesaian skripsi diberikan pengurangan UKT sebesar 20 persen dari sebelumnya.

Bagi mahasiswa yang orang tua atau walinya memenuhi kriteria lain seperti meninggal dunia, mengalami pemutusan hubungan kerja, mengalami kerugian usaha atau dinyatakan pailit, mengalami penutupan tempat usaha, sakit keras atau menurunnya pendapatan secara signifikan minimal 25 persen dari pendapatan sebelum Covid-19, maka kepada mereka diberikan pengurangan UKT sebesar 10 persen dari UKT semester sebelumnya.

Rektor mengatakan keringan UKT tersebut diberikan kepada mahasiswa tahun masuk 2014-2019, dengan persyaratan pengajuan keringanan antara lain, mengajukan surat permohonan, surat pernyataan kebenaran dokumen, melampirkan dokumen umum seperti KK, KTP orang tua.

Kemudian melampirkan dokumen pendukung, seperti surat keterangan dari Kepala Desa, surat keterangan sakit dari rumah sakit, surat pailit dari pengadilan, surat keterangan penutupan tempat usaha dari pemerintah daerah, surat keterangan PHK, SK Bimbingan dan surat keterangan dari Rumah Sakit atau Gugus Covid-19 bagi mahasiswa yang orang tuanya meninggal dunia atau sakit karena corona.

Baca juga: Nicholas Saputra Trending di Twitter, Potret Jadulnya Bocor

“Semua permohonan, syarat, mekanisme dan ketentuan lainnya dapat ajukan secara daring melalui email keringanan.ukt@ar-raniry.ac.id dengan format PDF paling lambat tanggal 24 Juli 2020, dan bagi yang tidak mengajukan permohonan keringanan, maka dianggap yang bersangkutan sanggup membayar UKT sesuai dengan besaran UKT sebelumnya pada jadwal yang ditetapkan,” kata Warul.

Selain itu, pihaknya juga memberikan banyak keringanan lainnya yang diberikan kepada mahasiswa UIN Ar-Raniry, seperti pembayaran uang kuliah dapat diangsur dalam dua tahap, yakni 60 persen tahap pertama dan 40 persen lagi tahap kedua, dan masa pembayaran UKT juga telah diperpanjang hingga 16 Oktober 2020 mendatang.

- Advertisement -
redaksi
acehinside.id adalah blog aneuk nanggroe yang menyajikan informasi terkini di Aceh yang dikemas secara menarik dengan mengedepankan sisi edukasi.

Terbaru

Cara Mengubah Nama Facebook Mudah dan Cepat

ACEHINSIDE.ID - Cara mengubah nama facebook bisa dilakukan melalui pc atau laptop dan juga melalui smartphone. Selain nama, beberapa...

Tekan Penyebaran Covid-19 di Aceh, Pemerintah Disarankan Terapkan PSBB

ACEHINSIDE.ID - Pemerintah Aceh Disarankan terapkan PSBB untuk tekan penyebaran Covid-19. Demikian rekomendasi yang disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)...

Cara Ganti Password Instagram Terbaru dan Mudah

ACEHINSIDE.ID - Cara ganti password Instagram sangat mudah dilakukan. Hanya butuh beberapa langkah, kata kunci media sosial paling populer...

Redmi 9A Resmi Dirilis di Indonesia, Cek Harga dan Speknya

ACEHINSIDE.ID - Redmi 9A hadir dengan desain yang segar, agak berbeda dari generasi sebelumnya yaitu Redmi 8A. Di generasi...
- Advertisement -

Pengumuman SBMPTN 2020 Terbaru, Berikut Linknya

ACEHINSIDE.ID - LTMPT sebagai penyelenggara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan merilis pengumuman SBMPTN 2020 terbaru. Sejumlah...

Resiko Pinjaman Online Jika Tidak Bayar, Wajib Tau

ACEHINSIDE.ID - Kredit online memungkin siapa saja untuk mendapatkan dana cepat melalui proses yang mudah. Namun, dibalik itu semua,...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you