Home » Tips Untuk Menyambung Pipa Air Panas

Tips Untuk Menyambung Pipa Air Panas

Kini pemasangan aliran air panas dengan water heater semakin diminati oleh masyarakat. 

Bagaimana tidak, mandi dan berendam air panas dikenal memiliki berbagai macam manfaat. Misalnya saja dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks, menghilangkan stres, melancarkan peredaran darah, dan lain sebagainya. 

Sayangnya, pemasangan water heater beserta instalasi pipa adalah hal yang cukup rumit, terlebih bagi pemula. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah sambungan pipa air panas yang tak boleh sembarangan. Sebab jika dipasang secara sembarangan, risiko-risiko yang tak diinginkan bisa saja terjadi. Misalnya saja kebocoran air panas yang bisa jadi sangat merepotkan Anda. 

Nah, kali ini kami akan memberikan tips untuk menyambung pipa air panas

Nah itu tadi adalah kat memasang pipa air panas yang bisa Anda ikuti. 

  1. Tentukan lokasi keran air panas

Memang terkesan seperti hal yang tak perlu dijawab, sebab Anda pasti sudah tahu bahwa umumnya, keran air panas terletak di kamar mandi, dapur dan sebagainya. 

Lantas, mengapa menentukan mana saja lokasi yang membutuhkan keran air panas adalah hal yang penting? Sebab, lokasi pemasangan keran akan menentukan seberapa banyak pipa yang Anda butuhkan. 

  1. Pastikan Anda sudah memilih tipe alat pemanas mana yang Anda inginkan 

Langkah kedua, pilihlah alat pemanas yang sudah diseuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulailah melakukan riset di toko-toko offline ataupun online

Begini patokannya, jika Anda memilih tangki berkapasitas besar, artinya Anda sebaiknya memiliki lokasi keran yang cukup banyak. Jika hanya untuk kamar mandi saja, maka pilihlah alat pemanas yang mampu menampung air dengan kapasitas yang kecil, agar tak membuang uang dan menekan kebutuhan pipa Anda. 

  1. Pilih pipa dengan bahan yang sesuai 

Jika ingin memasang aliran air bersuhu tinggi, Anda tentunya tak boleh sembarangan memilih jenis pipa. Pasrikan pipa yang Anda pakai adalah pipa yang dibuat khusus untuk aliran air bersuhu tinggi. 

  1. Hubungkan alat pemanas dengan pipa

Seusai memasang pemanas air di lokasi yang Anda inginkan, cobalah untuk mengubungkan instalasi pipa air panas Anda dengan lubang output dan lubang input yang ada pada alat pemanas tersebut. 

Pastikan untuk memasang instalasi pipa penyedia air ke dalam lubang input, dan masukan pipa instalasi air panas ke lubang output atau pembuangan. 

Nah, itu tadi adalah cara menyambungan pipa air panas dengan alat pemanas air. Untuk proses pemasangannya memang sama sekali tak membutuhkan lem pipa PVC, sehingga Anda tak perlu repot-repot membelinya. 

Bagi Anda yang tak ingin repot memasangnya sendiri, segera hubungi tukang ledeng terdekat. Mereka yang sudah ahli tentu tak membutuhkan waktu lama untuk memasangnya. 

Apapun metode pemasangan yang Anda lakukan, pastikan Anda menjaga keselamatan Anda dengan menggunakan alat pengaman, seperti sarung tangan.

Leave a Comment