Orang Tua Wajib Tahu, Tips Merawat Bayi Sakit Setelah Imunisasi

0
210
Tips Merawat Bayi Sakit setelah Imunisasi
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Imunisasi merupakan salah satu hal yang perlu diberikan untuk bayi pada usia tertentu. Ada banyak jenis vaksin yang perlu diberikan untuk bayi seperti vaksin campak, DPT, meningitis B, polio, dan masih banyak lainnya.

Setelah menerima vaksin, keluhan umum yang dirasakan adalah anak akan mengalami demam. Hal tersebut berlangsung selama 1 hingga 2 hari dan bisa sembuh sendiri, sehingga tidak perlu membuat orangtua khawatir.

Apabila bayi mengalami sakit setelah imunisasi, orangtua bisa melakukan beberapa cara merawat bayi yang tepat seperti berikut ini:

1. Memberikan ASI yang Cukup

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk merawat bayi yang sedang sakit pasca imunisasi adalah dengan memberikan ASI cukup. Menyusui bayi perlu dilakukan agar bisa membantu bayi cepat pulih. Sehingga ibu perlu memberikan ASI maupun susu formula sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan memberikan ASI tersebut juga akan membuat bayi tidak mengalami dehidrasi ketika demam. Selain itu, ASI juga mempunyai manfaat dapat meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Sehingga sangat baik diberikan bagi bayi yang sakit setelah imunisasi.

2. Memberikan Obat Penurun Panas

Tips selanjutnya untuk merawat bayi yang panas setelah imunisasi adalah dengan memberikan obat penurun panas. Apabila bayi mengalami panas yang wajar maka cukup diberikan obat penurun panas yang bisa membantu untuk meredakan suhu tubuh si kecil.

Berikan jenis dan dosis obat penurun panas yang tepat. Apabila obat tersebut tidak membantu menurunkan panas dan bayi mengalami demam lebih dari 3 hari, maka sebaiknya segera periksa ke dokter.

3. Gunakan Pakaian yang Tepat

Tips terakhir untuk merawat demam setelah imunisasi bayi adalah dengan memberikan pakaian yang tepat. Pilih pakaian yang nyaman dan tidak membuat bayi kepanasan. Hindari juga memberikan selimut tebal yang membuat panas terjebak.

Pastikan juga memberikan popok yang nyaman digunakan seperti dari produk Merries yang nyaman digunakan. Orangtua bisa dengan mudah mendapatkan produk Merries dengan tipe perekat yang lebih cocok digunakan ketika bayi sedang panas. Membeli produk ini juga sangat mudah karena bisa didapatkan secara offline maupun online.

Berita sebelumyaAnggota DPR Aceh Soroti Bank Syariah: ATM Sering Kosong-Gagal Transfer
Berita berikutnyaMembuat Pakaian Sekeluarga Harum dan Segar