Strategi Promosi Bisnis
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Di era serba digital, strategi promosi bisnis kian mudah dilakukan. Pun demikian, tentunya bukan dilakukan secara serampangan. Perlu kiat-kiat khusus agar memberikan hasil yang maksimal dan meningkatkan penjualan suatu produk.

Berikut kami uraikan strategi promosi bisnis era digital tanpa ribet dan mudah untuk dilakukan sebagaimana dikutip dari cncbindonesia dengan tajuk 5 strategi jitu untuk promosi bisnis di era digital:

1. Instagram

Instagram tentu menjadi salah satu media sosial terbaik untuk mempromosikan produk Anda. Akan tetapi, pemilik label Simple8 Corner, Carlina Eriano, mengingatkan untuk bisa memanfaatkan Instagram dengan baik. Perhatikan kualitas foto produk yang akan dipromosikan dan caption itu sendiri.

Baca juga: Tips Sukses dari Crazy Rich Dunia

“Bisnis online itu perlu communication skill, ketika penjual berinteraksi dengan pembeli hanya melalui online, jadi gambar dan caption harus jelas. Jangan asal masukin gambar,” saran Carolina saat berbincang di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.
Promosi Bisnis InstagramPendiri NoonaKu Signature, Florentina Jeanne, juga menganjurkan untuk menggunakan Instagram Ads. Ia pun menekankan agar tidak melakukan promosi produk dengan ‘menyampah’ di akun Instagram selebriti karena hal tersebut bisa menjatuhkan citra brand Anda.

2. Line atau Whatsapp

Kini media komunikasi online seperti Line atau Whatsapp juga bisa dijadikan tempat promosi. Setiap ada produk baru, Carlina yang sudah 13 tahun berbisnis itu menyarankan untuk mempromosikannya melalui Line atau Whatsapp. Gunakan pula media komunikasi ini untuk menjalin hubungan kedekatan dengan konsumen agar mereka semakin loyal.

3. Manfaatkan Market Place

Tak ada salahnya memanfaatkan market place yang ada. Carlina pun melakukan hal tersebut untuk menjangkau pasar lebih luas. Dengan membuka toko online di market place seperti Tokopedia atau Shopee bisa mendapatkan pasar dari berbagai daerah Indonesia.

4. Endorse

“Penting nggak sih endorse artis atau selebgram? Penting nggak penting sih tergantung kalian ada budget-nya apa nggak karena artis itu kan punya pengaruh besa dalam masyarakat. Kalau di-tag bisa berpengaruh banget sama produk kita, endorse selebgram juga sekarang lagi happening banget,” ujar Carlina.

Carlina melanjutkan, ketika ingin endorse artis atau selebgram sebaiknya tidak hanya melihat dari banyaknya followers atau like tapi juga siapa followers dari public figure yang mau di-endorse. Florentina menambahkan, penting memilih sosok endorser yang tepat agar tidak salah sasaran.
Endorse“Endorse harus yang tepat orangnya agar market-nya juga pas. Kayak aku pernah endorse selebgram ratusan ribu followers-nya ternyata pengikutnya kebanyakan laki-laki kan nggak tepat, tapi ketika aku endorse yang cuma 20 ribuan followers-nya tapi tepat, berpengaruh banget sama barang aku,” jelasnya.

5. Aktivitas Promosi Digital

Carlina dan Florentina menganjurkan untuk menjalin komunikasi baik dengan konsumen lewati aktivitas yang dilakukan secara digital. Memberikan kuis, giveaway, atau aktivitas menggunakan seperti hashtag #ootd juga berpengaruh besar terhadap promosi produk Anda.