SIT Azkiya Bireuen Gelar Tahrib Ramadhan untuk Siswa

ACEHINSIDE.ID – Sekolah Islam Terpadu (SIT) Azkiya Bireuen menggelar Tarhib Ramadhan untuk siswa SMPIT dan SDIT. Demikian disampaikan Humas Yayasan Ar Risalah Aceh, Baihaqi, kepada redaksi Jumat (09/04).

Baihaqi menambahkan, kegiatan yang mengakat tema “sambut Ramadhan dengan Ruhi, Jasad dan Ilmu” di selenggarakan selama dua hari 08 sampai 09 April 2021 menghadirkan dua narasumber dipusatkan di lingkungan sekolah.

Baca juga: #SavetheDate, Pendaftaran Gelombang Ke II SMPIT Azkiya Bireuen Dibuka

“Kegiatan hari pertama dikhususkan untuk siswa SMPIT Azkiya Bireuen diisi oleh Ustad Asrul Fuadi Anwar dan hari kedua dikhususkan untuk SDIT Azkiya Bireuen diisi oleh Ustad T Akmal. Selain diikuti oleh ratusan siswa, kegiatan ini juga diikuti oleh para dewan guru,” sebut Baihaqi

Menurut Baihaqi, Tarhib Ramadhan merupakan kegiatan tahunan sebagai upaya pembekalan bagi siswa-siswi dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. “Kegiatan ini salah satu program unggulan yang digagas oleh SIT Azkiya Bireuen untuk seluruh peserta didik,” jelas Baihaqi.

Baihaqi menyebutkan, dalam paparannya, Ustad Asrul Fuadi Anwar menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Oleh karenanya, bulan ini harus memperbanyak amalan-amalan baik siang ataupun malam hari.

“Ustad Asrul Fuadi Anwar juga berharap kepada peserta yang hadir agar memperbanyak zikir, membaca al qur’an. Dan yang terpenting jangan sampai bulan Ramadhan berlalu begitu saja tanpa diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” tambah Baihaqi.

Sementara itu, Ustad T Akmal menyampaikan bahwa puasa bukan saja menahan lapar dan dahaga pada siang hari, tapi juga menjaga seluruh anggota tubuh. Termasuk menjaga lisan dari hal-hal yang dapat menyakiti teman-teman atau saudara kita.

Baca juga: Siswa SDIT Azkiya Bireuen Kunjungi Museum Samudra Pasai

“Ustad T Akmal menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya al-qur’an. Oleh karena itu, ia berharap agar siswa-siswi untuk mendekatkan diri dengan al-qur’an, bukan mendekatkan diri dengan game-game di smartphone,” sebut Baihaqi

Sebagai informasi, Yayasan Ar Risalah Aceh merupakan yayasan yang fokus pada bidang pendidikan, sosial dan dakwah. SIT Azkiya yang terdiri dari PG-TKIT, SDIT dan SMPIT merupakan unit pendidikan yang berada dibawah naungan yayasan Ar Risalah Aceh.