KaPAL Sampaikan Masukan Antikorupsi

ACEHINSIDE.ID – Sejumlah anggota Komunitas Pemuda Antikorupsi Lancok (KaPAL) sambangi Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Lancok-lancok kecamatan Kuala Bireuen untuk menyampaikan beberapa masukan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi dalam pengeloaan BUMG, Sabtu malam (28/11) di Sekretariat BUMG Saree Mandiri.

Irvan, anggota KaPAL menyampaikan hal terpenting yang harus disiapkan oleh BUMG Saree Mandiri adalah mempersiapkan berbagai aturan tentang Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan Petunjuk Pelaksan dan Petunjuk Teknis (Juklak dan Juknis) operasionalnya.

Baca juga: EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional dan Terbaik di Indonesia

Menurut pria berkacamata ini, aturan-aturan tersebut sebagai dasar dan rule jalannya BUMG Saree Mandiri. “Dengan adanya AD/ART dan berbagai petunjuk lainnya dapat mencegah pengelolaannya dari indikasi korupsi, sebab sudah ada rule-nya”, ujar guru SMP N 1 Kuala ini.

Khaliq anggota KaPAL yang lain menyebutkan bahwa keberadaan BUMG ini harus benar-benar dirasakan oleh manfaatnya oleh masyarakat Lancok-lancok. Artinya, pengurus harus ikhlas melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan unit-unit usaha yang akan dibentuk.

“BUMG kali nyoe beu beutoi dirasa oleh ureung Lancok-lancok, bek na kesan bahwa BUMG ata pengurus sagai. Cara jih, meunyoe na unit usaha yang akan dipeudong eunteuk beu libatkan ureueng laen, bek dikeurija lee awak BUMG sagai”, sarannya.

Lebih lanjut, pemuda yang akrab disapa dengan Bos ini menambahkan, salah satu usaha yang bisa melibatkan masyarakat adalah didirikannya pasar ikan dan pasar yang menjual sembako. “Kalau ini diakomodir oleh BUMG, sebagai pemuda saya siap memanfaatkan pasar tersebut”, pungkasnya.

Faisal Nanda anggota KaPAL yang lain, menekankan agar pelaksanaan BUMG Saree Mandiri ini harus benar-benar transparan. Tujuannya untuk mencegah berbagai tudingan-tudingan yang dialamat kepada BUMG.

Anggota DPRK Bireuen, KaPAL Harus Melahirkan Generasi Antikorupsi

“Menurut saya ini hal utama yang mesti digarap, caranya menampilkan anggaran dan kinerja dengan memanfaatkan berbagai media publikasi yang ada, semisal majalah dinding atau bisa juga memanfaatkan media internet seperti blog”, sebutnya.

Sementara itu, Ketua BUMG Saree Mandiri, Amzirwan, menyebutkan AD/ART dan berbagai petunjuk teknis lainnya sedang disiapkan oleh manajemen. Menurutnya, untuk menyempurnakan berbagai aturan yang disusun oleh manajemen nanti, masukan-masukan dari semua pihak sangat diharapkan.

“Kami pasti akan menyiapkan berbagai aturan tersebut, tentunya saya sebagai Ketua BUMG sangat berharap masukan dari kawan-kawan muda dan masyarakat Lancok-lancok lainnya. Dengan adanya partisipasi semua pihak, tentunya aturan yang digodok nantinya akan lebih sempurna”, sebutnya.
KaPAL Diskusi dengan BUMG
Terkait dengan pasar, tambah pria ini akan direalisasi dalam waktu dekat. “Doakan saja kami manajemen tidak menuai kendala dalam mempersiapkan berbagai hal termasuk izin rekomendasi dari Keuchik Lancok-lancok”, ujarnya.
Pria yang punya usaha percetakan ini menambahkan, keterbukaan adalah hal utama yang akan dilakukan oleh BUMG Saree Mandiri.

“Bagi kami manajemen, keterbukaan baik anggaran maupun informasi adalah yang utama akan kami lakukan. Salah satunya adalah kami sudah mempublish informasi-informasi tentang BUMG di laman sareemandirilancok2.blogspot.com”, pungkasnya.

Anggota DPRK Aceh Utara Apresiasi Inisiatif Pemuda Lancok-lancok

Sebagai informasi, selain menyampaikan berbagai masukan untuk operasional BUMG Saree Mandiri, KaPAL juga menyampaikan berbagai ide-ide usaha yang bisa dilakukan oleh BUMG ini pada tahun 2021 mendatang.