Ruangguru Mundur dari Program Kartu Prakerja
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Ruangguru mundur dari program Kartu Prakerja sebagai salah satu platform digital. Platform ini hanya menjadi lembaga pelatihan yang materi online-nya tetap dapat diakses oleh peserta Kartu Prakerja.

Demikian disampaikan oleh Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com. Namun, Louisa tidak mengungkapkan alasan Ruangguru mundur dari program Kartu Prakerja.

Baca juga: Terbaru, Cara Mudah Membuat Avatar di Facebook yang Lagi Viral

“Saya hanya bisa mengkonfirmasi bahwa Ruangguru sudah tidak lagi terdaftar sebagai platform digital di Kartu Prakerja. Tetapi apa alasannya harus ditanyakan langsung kepada Ruangguru,” ungkap Louisa, Jumat (4/9).

Bersamaan dengan mundurnya Ruangguru, saat ini mitra platform digital di Kartu Prakerja tinggal tersisa tujuh lembaga. Mereka adalah Bukalapak, MauBelajarApa, Pintaria, Sekolah.mu, Tokopedia, Pijar Mahir, dan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker).

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono menyatakan pendaftar program Kartu Prakerja di situs resmi www.prakerja.go.id mencapai 15,9 juta orang per hari ini. Jumlah itu berasal dari enam gelombang pendaftaran yang sudah dibuka pemerintah.

Dari enam gelombang, sebanyak 3 juta orang dinyatakan lolos seleksi. Dari jumlah itu, sekitar 849.921 orang di antaranya telah menyelesaikan pelatihan pertamanya dan 610.563 orang telah menerima insentif.

Baca juga: Aplikasi Dompet Digital Terbaik 2020 dan Paling Diminati

“Jumlah ini akan terus meningkat seiring bertambahnya mitra dan jenis pelatihan yang akan divalidasi Manajemen Pelaksana, dan juga akan dinamis berkembang sesuai perkembangan di lapangan,” tutur Susiwijono.

Dikutip dari cnnindonesia.com, Head of Corporate Communications Ruangguru Anggini Setiawan menyatakan bahwa keputusan mundur dari program Kartu Prakerja diambil semenjak dibukanya pendaftaran peserta Kartu Prakerja gelombang IV.

“Semenjak dibukanya gelombang IV Program Kartu Prakerja, Skill Academy by Ruangguru telah beralih fokus hanya sebagai lembaga pelatihan dalam Kartu Prakerja,” ucapnya

Baca juga: Pemain Pendamping Gamer Digaji Rp50 Juta per Bulan, Mau?

Meski mundur, ia mengatakan para peserta Kartu Prakerja masih dapat mengakses kelas-kelas pelatihan Skill Academy pada mitra resmi platform digital Kartu Prakerja.

Anggini juga menyebut bahwa seluruh pendapatan yang selama ini diterima dari program Kartu Prakerja disumbangkan untuk penanganan covid-19 pada Agustus lalu.

“Ruangguru juga telah mengumumkan akan menyumbangkan seluruh pemasukan kami sebagai mitra resmi platform digital Program Kartu Prakerja, selama gelombang I-III kepada negara untuk membantu penanganan covid-19,” pungkasnya.