Ilustrasi Rapid Test Gratis
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Pemerintah Aceh akan menggelar rapid test gratis massal dengan target 25.000 penduduk. Inisiatif test cepat ini sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Pelaksanaan rapid test massal itu sesuai dengan instruksi Plt Gubernur Aceh, yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Demikian disampaikan oleh Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani, sebagaimana dikutip dari tempo.co.

“Rapid test massal itu dilakukan berdasarkan pertimbangan epidemiologis dan pelayanan kepada masyarakat diberikan secara gratis,” katanya, di Banda Aceh.

Baca juga: New Normal di Banda Aceh Tunggu Arahan dari Pemprov dan Pusat

Dia menjelaskan, secara teknis operasional akan segera ditindaklanjuti oleh bidang penanganan kesehatan gugus Covid-19, melalui koordinasi dengan gugus tugas COVID-19 kabupaten/kota serta Puskesmas di seluruh Aceh.

Tim Gugus Covid-19 Aceh telah mendistribusikan sebanyak 13.460 unit alat tes cepat ke kabupaten/kota melalui dinas kesehatan dan rumah sakit pada Maret lalu.

“Alat rapid test yang telah dipergunakan sekitar 5.469 unit, masih ada sisa sekitar 7.991 unit lagi yang siap dipergunakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, selain di kabupaten/kota yang masih memiliki ketersediaan alat tes cepat, begitu juga di gugus tugas COVID-19 Aceh bidang penanganan kesehatan yang memiliki stok sekitar 13.320 unit.

“Apabila unit rapid test yang tersedia belum cukup, segera diantisipasi karena persediaan di pasar juga masih terbatas,” kata Saifullah.

Baca juga: Pegawai di Aceh Dilarang Nongkrong di Warung Kopi Selama New Normal

Untuk diketahui, secara kumulatif daerah Tanah Rencong mencatat 20 kasus positif COVID-19, dengan rincian dua orang masih dalam perawatan rumah sakit, 17 orang telah sembuh, dan satu orang meninggal dunia.