Program Wirausaha Pemula 2020

ACEHINSIDE.ID – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh menyelenggarakan Program Wirausaha Pemula 2020. Program ini terbuka untuk setiap wirausaha pemula dengan kriteria: ber-KTP Aceh dan berumur minimal 17 tahun saat mendaftar. Pendaftaran hanya dilakukan secara online dengan mengakses http://bit.ly/wirausahapemula2020.

Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Aceh, Dr Wildan MPd, sebagaimana dikutip dari aceh.tribunnews.com, pendaftaran dibuka mulai hari ini, Jumat (10/1/2020) hingga 17 Januari 2020. “Ini kesempatan emas bagi putra-putri Aceh yang ingin berbisnis dengan menawarkan diri sebagai calon pengusaha. Segeralah mendaftar sebagai wirausaha pemula,” kata Wildan di Banda Aceh, Kamis (9/1/2020) malam.

Mereka yang mendaftar di online, Dinas Koperasi dan UKM Aceh Gagas Program Wirausaha Pemula kata Wildan, perlu mendeskripsikan (memaparkan) sekilas usaha mereka dan prospeknya. Seleksi tahap I dilaksanakan 19-20 Januari, seleksi tahap II (scoring) dilakukan tanggal 21-22 Januari, dan pengumuman final hasil seleksi dilaksanakan tanggal 24 Januri 2020.

Baca juga: Menteri Keuangan Cairkan Bansos Mulai Januari 2020 Demi Jaga Ekonomi

“Pendaftaran dan seleksinya melalui online. Mereka yang memenuhi syarat akan dipanggil,” ujar Wildan. Untuk tahun ini, lanjut Wildan, akan dibantu calon wirausaha di empat titik, yakni Kota Banda Aceh, Langsa, Kabupaten Bireuen, dan Aceh Selatan. “Per titik akan dibantu 60 calon wirausaha,” sebut Wildan. Mereka yang lulus seleksi akan diberi bimbingan oleh Dinas Koperasi dan UKM Aceh, baru kemudian diberi bantuan berupa mesin dan peralatan kerja.

Nilainya sekitar Rp 15 juta per orang. Menurut Wildan, program ini merupakan tahun ketiga dilaksanakan dinas yang dipimpinnya. Target Diskop UKM Aceh adalah melahirkan calon pengusaha dari tidak ada menjadi ada. Kalau mereka sudah punya usaha, itulah yang namanya pelaku usaha mikro. Dari mikro dibantu menjadi pelaku usaha kecil, lalu dibimbing lagi menjadi pelaku usaha menengah.

“Nah, yang kita sasar tahun ini adalah mereka yang usaha pemula dan produktif. Kaum milenial diutamakan. Misalnya, mereka yang usahanya jahit menjahit kita harapkan mampu menyediakan seragam sekolah atau kaus yang disablon dan bisa sebagai oleh-oleh dari Aceh. Bisa juga yang bergerak di bidang fesyen yang islami, misalnya bikin mukena, kopiah, dan baju gamis,” kata Wildan menyebut contoh.

Untuk tahap II, akan dilakukan penyaringan dari 200 orang menuju 60 wirausaha. Nah, pada tahap ini menggunakan sistem scoring. Setiap wirausaha akan diwawancara dan mengisi form yang telah disediakan. Seleksi ini menggunakan sistem gugur. Mereka yang gugur adalah yang tidak melengkapi syarat administrasi atau tidak sesuai dengan kriteria yang diharapkan.

Baca juga: 10 Negara Tertua di Dunia yang Harus Kamu Tahu

Tahap berikutnya, tim seleksi program wirausaha pemula 2020 akan menghubungi langsung 60 pemenang yang berhasil melewati seleksi tahap II. Disebutkan juga bahwa pada tahap scoring, yang dinilai adalah: 1) Apa jenis usaha Anda? 2) Apa yang dilakukan terkait dengan usaha tersebut? 3) Mengapa Anda melakukan usaha itu?

4) Siapa yang akan membeli produk Anda dan seberapa banyak yang akan membelinya? 5) Bagaimana mewujudkan rencana usaha Anda?

6 KOMENTAR

    • Itu untuk semua Aceh. Coba saja, siapa tau Anda terpilih dan tetap sama-sama harus dikawal agar penerimanya adalah orang-orang yang berhak, bukan karena ada sesuatunya dengan tim seleksi atau dengan internal dinasnya.

    • Pasca semua dirilis dan sudah ada penentuan siapa yang terpilih, saat itu kita sebagai masyarakat berhak mengetahuinya. Bila tidak dipublish, tinggal kita surati dengan menggunakan mekanisme UU No 14/2008

  1. Apakah hasil pengumuman nanti akan di hubungi langsung ke no hp bagi yg mendaftar atau ada pengumuman khusus melalui website ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here