Prakerja Gelombang 12 Dibuka

ACEHINSIDE.ID – Pendaftaran program prakerja gelombang 12 dibuka sejak 23 – 26 Februari 2021. Pembukaan program tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahminarrahim, Program Kartu Prakerja tahun 2021 saya nyatakan dimulai,” kata Airlangga dalam konferensi pers secara daring, Selasa (23/2/2021) sebagaimana dikutip dari kompas.com

Baca juga: Mudah dan Sederhana, Ini Cara Atasi Hidung Tersumbat pada Bayi Saat Tidur

Airlangga mengungkapkan manfaat yang diberikan Prakerja tahun 2021 sama dengan tahun lalu mencapai Rp 3,55 juta per peserta. Komposisinya Rp 1 juta dalam bentuk biaya pelatihan online. Rp 2,4 juta insentif dana tunai yang dibagikan masing-masing Rp 600 ribu dalam empat bulan dan biaya survei sebesar Rp 150 ribu.

“Target program ini adalah para pencari kerja yang menganggur, mereka yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan wiraswasta pelaku usaha mikro dan kecil yang tutup usahanya karena pandemi Covid-19,” terang Airlangga.

Kuota yang tersedia pada gelombang 12 kali ini adalah 600.000 peserta dengan target 2,7 juta peserta pada semester I tahun ini. Pendaftaran program prakerja gelombang 12 akan ditutup sewaktu-waktu saat kuota telah terpenuhi.

“Kami terus memantau hari per hari, begitu kuota terisi langsung kami tutup,” kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu.

Informasi saja, program Prakerja digulirkan pada 2020. Tercatat ada 43 juta pendaftar untuk program ini dan meluluskan 5,5 juta peserta dalam 11 gelombang pendaftaran.

Baca juga: Diduga Langgar Syariat Islam, Hotel di Aceh di Segel Aparat

Bagi peserta yang telah memiliki akun di situs resmi Kartu Prakerja tetapi belum lolos seleksi dapat melakukan pembaharuan akun jika terdapat data berubah. Dengan program prakerja gelombang 12 dibuka, maka terbuka kesempatan bagi masyarakat yang ekonomi dan pekerjaannya terdampak pandemi untuk bangkit kembali.

Namun ada cara dan syarat daftar yang perlu dipatuhi. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi yakni Warga Negara Indonesia (WNI), berusia di atas 18 tahun, tidak sedang sekolah/kuliah.

Baca juga: Selamat! Kareena Kapoor Melahirkan Anak ke-2 di Usia 40 Tahun

Demikian informasi mengenai program Kartu Prakerja gelombang 12 dibuka. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Kartu Prakerja dapat mengakses informasi melalui www.prakerja.go.id/faq.