Pengumuman SBMPTN 2020 Terbaru
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – LTMPT sebagai penyelenggara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan merilis pengumuman SBMPTN 2020 terbaru. Sejumlah persiapan telah disiapkan untuk mengantisipasi berbagai persoalan termasuk mempersiapkan 12 link mirror untuk melihat hasil seleksi tersebut.

“Siswa sudah disiapkan di laman utama LTMPT, tapi untuk mengantisipasi kepadatan akses kami juga menyediakan laman mirror,” kata Humas LTMPT, Anwar Effendy sebagaimana dikutip dari medcom.id.

Sebagai informasi, jadwal seleksi tersebut dipercepat menjadi Jumat 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Jadwal ini sesuai dengan permintaan sejumlah rektor Perguruan Tinggi. Perubahan jadwal ini dirilis LTMPT melalui laman resmi LTMPT (ltmpt.ac.id) dan akun media sosial LTMPT (@ltmptofficial).

Baca juga: Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka

Sambil menunggu pengumuman SBMPTN 2020 terbaru, peserta seleksi dapat mempelajari cara cek hasil UTBK-SBMPTN 2020 terlebih dahulu. Berikut cara cek hasil UTBK-SBMPTN 2020 melalui portal resmi pengumuman SBMPTN 2020:

  1. Bukan laman Pengumuman SBMPTN melalui http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id
  2. Di halaman utama, masukkan 10 digit nomor peserta SBMPTN serta tanggal lahir peserta
  3. Setelah itu, klik tombol ‘Lihat Hasil’
  4. Tunggu proses memuat halaman baru yang akan mencantumkan informasi hasil dan status kelulusan peserta

Selain mengakses pengumuman UTBK-SBMPTN 2020 melalui portal utama, peserta juga dapat mengakses pengumuman tersebut melalui laman mirror.

Cara ini dapat menjadi pilihan alternatif jika peserta kesulitan mengakses portal utama. Total ada 12 PTN yang menyediakan layanan laman mirror, antara lain:

  1. Universitas Indonesia: http://sbmptn.ui.ac.id
  2. Universitas Gadjah mada: http://sbmptn.ugm.ac.id
  3. Universitas Diponegoro: http://sbmptn.undip.ac.id
  4. Universitas Airlangga: http://sbmptn.unair.ac.id
  5. Universitas Sriwijaya: http://sbmptn.unsri.ac.id
  6. Universitas Tanjungpura: http://sbmptn.untan.ac.id
  7. Institut Teknologi Bandung: http://sbmptn.itb.ac.id
  8. Institut Teknologi Surabaya: http://sbmptn.its.ac.id
  9. Institut Pertanian Bogor: http://sbmptn.ipb.ac.id
  10. Universitas Andalas: http://sbmptn.unand.ac.id
  11. Universitas Hasanuddin: http://sbmptn.unhas.ac.id
  12. Universitas Syiah Kuala: http://sbmptn.unsyiah.ac.id

Setelah itu, para peserta dapat mengunduh sertifikat hasil nilai UTBK pada Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB. Sertifikat ini nantinya akan digunakan peserta sebagai syarat pendaftaran SBMPTN 2020.

Peserta perlu mengingat bahwa semua informasi resmi SBMPTN 2020 hanya akan disampaikan melalui laman LTMPT dan media sosial LTMPT. Peserta juga diimbau untuk terus memantau media tersebut guna mengetahui informasi terbaru pengumuman SBMPTN 2020.