Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk mendorong perubahan di segala lini kehidupan. Bahkan pendidikan sebagai kunci penguatan peran perempuan telah didengungkan jauh sebelum era kekinian di mana kesetaraan gender belum menggema.

Pentingnya pendidikan untuk perempuan bukan saja bermanfaat untuk dirinya, tapi juga untuk generasi berikutnya. Perempuan adalah sekolah pertama untuk anak-anaknya, sehingga pelaksanaan pendidikan tanpa melibatkan kaum ini sama saja dengan melanggengkan kebodohan.

Baca juga: Perempuan Gemar Baca Buku Dinilai Menarik oleh Pria, Benarkah??

Pendidikan sangat dibutuhkan oleh setiap perempuan karena akan memberikan banyak manfaat yang jauh lebih berharga dari sekadar formalitas. Selain itu, setidaknya ada beberapa alasan kenapa pendidikan penting untuk kaum perempuan:

pendidikan penting untuk kaum perempuan
Ilustrasi
  • Modal untuk Berperan;

Setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan tentunya memiliki peran masing-masing yang satu sama lain saling berkaitan. Perempuan yang tidak berpendidikan sama dengan perempuan yang tidak memiliki keahlian.

Pertanyaannya, bagaimana seorang perempuan akan berperan secara maksimal jika ia tidak memiliki pendidikan dan skill? Oleh karena itu, wajar jika disebut pendidikan sebagai kunci penguatan peran perempuan.

  • Mengurangi Angka Kemiskinan;

Mengutip laporan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD) tahun 2012, peningkatan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Untuk masuk ke dunia kerja ini, pendidikan merupakan modal awal yang harus dimiliki oleh seorang perempuan. Dengan keterlibatan dalam dunia ini, tingkat kesejahteraan diri sendiri atau keluarga dapat ditingkatkan.

  • Mengurangi Angka Kematian;

Mengutip prestasi-iief.org, Pentingnya pendidikan untuk perempuan memiliki dampak terhadap penurunan angka kematian ibu hingga 66%. Angka ini setara dengan menyelamatkan sekitar 189.000 nyawa ibu.

Hal ini dipengaruhi karena partisapasi dan kesadaran pendidikan terhadap perempuan semakin tinggi. Sehingga memberikan pengetahuan akan risiko kematian akibat hamil dan melahirkan pada usia dini.

  • Mencegah Perdagangan Manusia;

UN Women menyebutkan bahwa perempuan miskin dan tidak berpendidikan sangat rentan mengalami perdagangan manusia. Dengan pendidikan, niscaya perdagangan manusia dapat dicegah.

Diluar empat itu, masih banyak lagi manfaat pendidikan bagi kaum perempuan sebagai bagian untuk berperan dalam kemajuan bangsa. Pemaknaan pendidikan di sini bukan saja pendidikan formal, mulai dari SD hingga perguruan tinggi, akan tetapi lebih luas dari itu.

Tantangan Pendidikan Perempuan
Pelibatan perempuan dalam pendidikan di Indonesia masih menuai tantangan yang besar, entah menggunakan interpretasi agama, stereotip peran gender yang mengakar dalam budaya setempat, mitos-mitos, dan bahkan “senjata-sejata” lainnya.

Meski pendidikan untuk kaum ini telah lama diperjuangkan, namun belum membuahkan hasil yang maksimal. Pendidikan untuk perempuan belum merata di negeri ini, salah satunya karena kuatnya tradisi, menjadikan pendidikan satu hal “kemewahan’ yang sulit didapat.

Selain itu, faktor ekonomi juga menjadi kambing hitam atas sulitnya akses pendidikan untuk kaum perempuan di Indonesia.

Oleh karena itu, kehadiran pemerintah untuk mengedukasi masyarakat dan menyediakan fasilitas pendidikan mutlak diperlukan. Selain pemerintah, pihak swasta juga diharapkan bisa ikut ambil bagian mewujudkan pendidikan untuk perempuan.

Salah satunya seperti yang sudah dilakukan EduCenter, mall edukasi pertama di Indonesia dengan konsep “one stop excellence of education”.

Gedung EduCenter
Ilustrasi

EduCenter memiliki tujuan menjadi solusi dari masalah pendidikan anak zaman kini, yakni menghabiskan terlalu banyak waktu dan energi untuk berpindah-pindah dari satu kursus ke kursus lainnya.

Dengan konsep yang revolusioner dan terintegrasi, mall edukasi ini memberikan nuansa yang menyenangkan bagi para generasi muda untuk menikmati pengalaman belajar yang sempurna. #educenterid