Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang IV pada Sabtu (8/8) pukul 12.00 WIB. Pendaftaran ini sudah beberapa kali molor dari jadwal yang ditetapkan semula. Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahudin mengatakan pemerintah akan mendorong kuota lebih besar, yakni 800 ribu orang.

“Setelah sementara waktu kami hentikan, dari 28 Mei, kami akan mulai pembukaan pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang IV ini besok, Sabtu,” ujarnya, Jumat (7/8).

Ia mengatakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah menandatangani Permenko Nomor 11 Tahun 2020 tentang Aturan Pelaksanaan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

Baca juga: Korban PHK Prioritas Pemerintah dalam Program Kartu Prakerja

Aturan itu ditandatangani pada tanggal 4 Agustus 2020 lalu.

“Di dalam Permenko 11 yang sudah ditandatangani Menko Perekonomian 4 Agustus mengalami beberapa perubahan sejumlah peraturan lebih detail mengenai hal baru yang sebelumnya belum diatur atau kurang terasa akuntabilitasnya,” imbuh Rudy.

Sebelumnya, ia mengatakan pendaftaran gelombang IV dibuka usai PMO Kartu Prakerja mendapatkan hasil verifikasi pelaksanaan gelombang (batch) I hingga III yang sedang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Baca juga: Kuota Peserta Program Prakerja 800.000 Peserta, Ini Alasannya

Setelah mendapatkan hasil verifikasi, maka pemerintah akan membayarkan lembaga pelatihan.

“Kami dalam minggu ketiga atau keempat akan siap melakukan pembukaan batch IV kembali setelah mendapatkan hasil verifikasi terkait pelaksanaan batch I hingga III untuk pembayaran kepada lembaga pelatihan oleh BPKP,” terang dia belum lama ini.