Infotorial Lomba Blog Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi Terbaik 2020

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi Terbaik 2020

-

- Advertisment -

ACEHINSIDE.ID – Pelatihan barista adalah kursus untuk handal dalam meracik kopi. Training ini sendiri merupakan modal awal untuk membuka usaha warung kopi kekinian. Oleh karena itu, untuk membuat sebuah usaha coffee shop maju dan terkenal, peran barista sangatlah penting.

Secara umum, barista adalah sebuah profesi yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Istilah barista diambil dari bahasa Italia, yang artinya orang yang menyajikan minuman (bartender).

- Advertisement -

Di Indonesia sendiri, istilah barista bukanlah sesuatu yang baru apalagi bagi penggemar kopi. Profesi ini menjadi salah satu pekerjaan yang bebas dari gender stereotyping, sehingga banyak orang berminat menjadi barista. Ini terlihat dari banyaknya peminat untuk mengikuti kursus barista.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky, pelatihan barista adalah termasuk paket yang banyak dibeli oleh peserta program prakerja gelombang pertama dan kedua.

Dibeberapa daerah pun mungkin sudah ada tempat pelatihan peningkatan skill ini, seperti Kediri, di Samarinda, Makassar, di Pekanbaru, Pontianak, di Palembang. Namun, yang sudah sangat terkenal adalah The Bencoolen Coffee, salah satu sektor swasta yang akan bergabung dalam program prakerja yang digagas oleh Pemerintah.

Kursus Barista Kopi

Bukan saja pengetahuan tentang meracik, The Bencoolen Coffee juga mampu memberikan berbagai pelatihan lain yang terdiri dari pemasaran kopi secara online, membuka usaha kekinian hingga menjadi agen di Indonesia. Sebelum mengulas tentang pelatihan barista prakerja berikut beberapa hal yang perlu dipahami.

Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Program kerjasama pemerintah dan swasta ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Baca juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Sampai 34 Gelombang

Program prakerja ini tidak hanya ditujukan kepada pencari kerja, tapi juga buruh, karyawan dan pegawai. Secara umum ditujukan kepada warga negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang dalam masa pendidikan. Untuk sementara, prakerja diprioritaskan bagi yang terdampak Covid-19.

Kartu Prakerja untuk Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Ilustrasi

Untuk diketahui, program yang digagas oleh pemerintah untuk peningkatan skill masyarakat tersedia berbagai macam pelatihan. Semisal menjahit, penjualan online, digital marketing, desain graphis, pemograman website, termasuk kursus barista kopi merdeka.

Kursus Peningkatan Skill menjadi Barista

Pengetahuan tentang kopi bukan saja mengetahui tentang jenis, apakah arabika, robusta atau jenis lainya. Namun lebih jauh dari pada itu. Skill meracik ala cafe dan berbagai hal lainnya sehingga para penikmat bukan saja menikmati racikan kopi yang nikmat tapi juga merasakan sensasi dari minuman itu sendiri.

Baca juga: Pendidikan Sebagai Kunci Penguatan Peran Perempuan

Khusus bagi yang ingin menjadi barista merdeka, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan sebagaimana dikutip dari prakerja.bencoolencoffee.com:

  1. Menjaga kebersihan
  2. Berusaha akrab dengan pelanggan
  3. Tanyakan rasa kopi buatanmu
  4. Saling berbagi pengetahuan tentang kopi
  5. Tidak berhenti untuk belajar
  6. Berusaha memberikan yang terbaik

Ilustasi Barista Merdeka
Ilustrasi

Bagi kamu yang berminat mengikuti pelatihan barista gratis 2020, simak tulisan ini sampai tuntas karena nanti kami akan membagikan informasi untuk mendapatkan pengetahuan tentang kopi dan berbagai hal lainnya tentang minuman berwarna hitam ini.

Usaha Kedai Kopi

Usaha kedai kopi merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di era sekarang ini. Tak perlu tempat mewah, membuka usaha ini dipinggir jalan pun bisa mendatangkan omzet yang luar biasa asalkan memahami konsep bisnisnya. Sebagai pengetahuan dasar, berikut tips memulai usaha coffee shop kekinian:

  • Modal Bisnis

Memulai usaha tentunya membutuhkan modal, tapi jangan pernah berfikir membuka usaha warung kopi memerlukan modal yang besar. Cukup Rp 1 juta untuk memulainya, namun yang terpenting di kedainya harus ada yang lihai meracik si hitam ini ala resto.

  • Target Konsumen

Sebelum memulai, Anda juga harus memikirkan dan menentukan siapa target yang cocok untuk bisnis kedai Anda. Memahami konsumen dengan baik, berarti Anda dapat menentukan strategi yang tepat seperti lokasi bisnis, desain coffee shop yang cocok, harga yang pas, dan lain sebagainya.

  • Konsep Bisnis

Untuk menghindari persaingan bisnis, Anda harus membuat konsep yang kuat. Selain untuk membedakan bisnis Anda dengan bisnis coffee shop lainnya, konsep bisnis juga dapat membantu menarik konsumen hingga membantu mengembangkan bisnis. Misalnya, konsep minimalis, maka menu kopi yang dibuat juga harus berkonsep minimalis.

Selain 3 tips di atas, mencari supplier, lokasi bisnis, dan promosi bisnis merupakan langkah awal untuk memulai usaha coffee shop ini.

The Bencoolen Coffee

Sebagaimana disebut di awal, The Bencoolen Coffee merupakan sektor swasta yang memberikan pengetahuan dan peningkatan skill untuk melahirkan barista merdeka. Kursus yang diberikan terdiri dari pengetahuan dan pemasaran kopi secara online, membuka usaha kopi kekinian hingga menjadi agen kopi Indonesia.

Usaha Kedai Kopi dan Barista Merdeka
Ilustrasi

1. Pengetahuan Kopi
Melalui pelatihan ini, setiap peserta akan dibekali dengan pengetahuan tentang karakteristik dan jenis KOPI JUJUR. Mengetahui jenis, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi barista.

2. Memahami Kebutuhan Menjadi Barista
Selain pemahaman dari jenis, juga memahami karakteristik dan cara meracik kopi. Untuk itu, The Bencoolen Coffee hadir memberikan pelatihan untuk calon barista merdeka tentang tata cara penggunaan peralatan kopi yang bisa digunakan.

3. Barista Handal
Selain itu, The Bencoolen Coffee juga akan memberikan pengetahuan tentang tips dan trik dalam meracikan kopi. Program peningkatan skill ini memberikan pemahaman dan apresiasi serta memiliki wawasan tentang rasa dan aroma minuman hitam ini.

4. Usaha Bisnis Warung Kopi
The Bencoolen Coffee juga akan memberikan pelatihan dalam membuka usaha coffee shop kekinian dengan modal minim. Melalui pelatihan ini, para peserta akan dibekali pengetahuan tentang membuka usaha coffee shop dengan biaya terjangkau namun tetap memberikan penyajian dan cita rasa kopi jujur terbaik.

Sebagaimana yang kami sebut di atas, bagi yang ingin memahami dan mendapatkan pengetahuan tentang kopi dan pemasarannya secara online, membuka usaha coffee shop kekinian hingga menjadi agen di Indonesia, kamu bisa mengunjungi laman prakerja.bencoolencoffee.com untuk mendapatkan informasi lebih jauh tentang pelatihan ini.

- Advertisement -
Baihaqi
Hanya manusia biasa yang saban hari bekerja mencari nafkah untuk keluarga. Minum kopi menjadi rutinitas.

Terbaru

Cara Mengubah Nama Facebook Mudah dan Cepat

ACEHINSIDE.ID - Cara mengubah nama facebook bisa dilakukan melalui pc atau laptop dan juga melalui smartphone. Selain nama, beberapa...

Tekan Penyebaran Covid-19 di Aceh, Pemerintah Disarankan Terapkan PSBB

ACEHINSIDE.ID - Pemerintah Aceh Disarankan terapkan PSBB untuk tekan penyebaran Covid-19. Demikian rekomendasi yang disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)...

Cara Ganti Password Instagram Terbaru dan Mudah

ACEHINSIDE.ID - Cara ganti password Instagram sangat mudah dilakukan. Hanya butuh beberapa langkah, kata kunci media sosial paling populer...

Redmi 9A Resmi Dirilis di Indonesia, Cek Harga dan Speknya

ACEHINSIDE.ID - Redmi 9A hadir dengan desain yang segar, agak berbeda dari generasi sebelumnya yaitu Redmi 8A. Di generasi...
- Advertisement -

Pengumuman SBMPTN 2020 Terbaru, Berikut Linknya

ACEHINSIDE.ID - LTMPT sebagai penyelenggara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan merilis pengumuman SBMPTN 2020 terbaru. Sejumlah...

Resiko Pinjaman Online Jika Tidak Bayar, Wajib Tau

ACEHINSIDE.ID - Kredit online memungkin siapa saja untuk mendapatkan dana cepat melalui proses yang mudah. Namun, dibalik itu semua,...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you