Pelaku IKM Aceh Besar dapat Bimtek
Loading...

ACEHINSIDE.ID – Sebanyak 40 pelaku IKM Aceh Besar sektor kerajinan anyaman rotan dan tas bordir mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang digelar oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bekerja sama dengan Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Aceh Besar.

Sebagaimana dikutip dari acehbesarkab.go.id, kegiatan bimtek ini dibuka oleh Ketua Dekranasda Aceh Besar, Rahmah Abdullah dan direncanakan akan berlangsung selama 5 hari sejak 29 Oktober 2 November 2019 mendatang di Gedung Dekranasda, Ingin Jaya, Aceh Besar.

Menurut Rahmah Abdullah, kegiatan bimtek ini terlaksana berawal dari perbincangannya dengan Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto pada saat mengunjungi salah satu produk kerajinan di kecamatan Montasik Aceh Besar pada tahun 2018 lalu.

“Dengan adanya bimtek langsung dari kementerian, para pelaku IKM Aceh Besar harus betul-betul belajar, karena masih banyak motif yang bisa kita kembangkan. Saya selaku ketua Dekranasda akan terus mensuport para pelaku industri kecil dan menegah di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya

Sementara itu, Ratna Sari, perwakilan dari Kementerian Industri, menyampaikan tujuan bimbingan teknis diselenggarakan adalah untuk memberikan pengetahuan khusus dan versifikasi produk kepada pelaku IKM kerajinan rotan dan tas bordir.

“Saya berharap setelah mengikuti bimbingan teknis para peserta dapat memiliki Keterampilan dan kreatifitas serta kemampuan yang baik dalam menghasilkan produksi kerajinan rotan dan tas bordir di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.

Sebagai informasi, selain mendapatkan materi dan perlengkapan bimtek, mereka juga akan diberikan bantuan mesin peralatan produksi berupa mesin bordir, mesin jahit dan peralatan pertukangan untuk menunjang produksi para pelaku IKM Aceh Besar.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan perdagangan, Taufiq, SH, menjelaskan, Industri kerajinan merupakan salah satu sektor industri kreatif yang mampu memberikan kontribusi besar bagi perekonomian masyarakat. Industri kerajinan ini mampu menjadi ujung tombak bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh Besar.

“Untuk saat ini kerajinan tas bordir dan anyaman rotan terdapat 140 IKM tas bordir dan 70 IKM anyaman rotan yang tersebar di Aceh Besar. Keberadaan pelaku IKM Aceh Besar ini mampu menyerap tenaga kerja hampir 2000 untuk dua industri ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here