Orang Terkaya di Indonesia versi Majalah Forbes 2019
Loading...

ACEHINSIDE.ID – Segala sesuatu dan profil orang terkaya di indonesia selalu menarik perhatian. Bahkan tak sedikit publik di negeri ini yang penasaran siapa saja yang masuk dalam kategori ini. Dan dari mana sumber kekayaan yang mereka peroleh.

Pada Maret lalu, majalah bisnis dan finansial terkemuka Amerika Serikat telah merilis sejumlah orang yang memegang predikat ini di tanah air. Daftar yang masuk dalam kategori ini tidak banyak berubah sebagaimana daftar miliader indonesia 2018.

Orang yang masuk dalam lingkarang ini merupakan orang-orang yang sukses menjalankan berbagai bisnis, sperti tekstil, properti, pertambangan hingga pertanian dan perkebunan. Sebelumnya baca juga cara berhenti donasi UNICEF yang telah kami tulis.

Berikut ini adalah daftar orang tertajir di indonesia 2019 forbes.

  • Hartono Bersaudara

Pemilik Djarum Group, Hartono bersaudara, R. Budi Hartono dan Michael Hartono masih masuk dalam lingkaran miliarder di Indonesia. Total kekayaan mereka masing-masing mencapai US$18,6 miliar atau Rp262,863 triliun (kurs Rp14.132) dan US$18,5 atau Rp261,450 triliun.
Hartono Bersaudara Orang Terkaya di Indonesia 2019 ForbesSebagai informasi, dua per tiga kekayaan mereka bersumber dari PT BCA. Hartono bersaudara menguasai saham BCA melalui PT Dwimuria Investama Andalan sebanyak 54,94 persen. Selain itu, mereka juga memiliki merk produk elektronik Polytron dan sejumlah real estate.

  • Sri Prakash Lohia

Pendiri Indorama Synthetics, perusahaan produsen benang pintal di Jawa Barat masuk orang terkaya di indonesia tahun 2018 silam. Pada tahun ini ia kembali masuk dalam lingkaran miliader Indonesia. Modal pendirian perusahaannya sekitar US$ 10 juta.

Sepanjang perjalanannya, Ia mendiversifikasi usaha Indorama dengan memproduksi polyethylene terephthalate (PET) untuk pembuatan botol plastik minuman. Ia pun berinvestasi pada industri petrokimia di Afrika.

Kini, Sri Prakash terlibat dalam pengelolaan berbagai perusahaan di 19 negara. Ia pun meraup pendapatan lebih dari US$ 10 miliar per tahun. Sebagai orang tertajir ketiga Indonesia, hartanya diperkirakan mencapai US$ 7,3 miliar (Rp 104 triliun).

  • Dato Sri Tahir

Miliader Indonesia ini adalah pengusaha asal Surabaya yang bergerak di sektor perbankan, jaringan rumah sakit, properti dan tekstil. Ia mendirikan PT Bank Mayapada Internasional Tbk dan mempunyai PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk yang menjadi operator Rumah Sakit Mayapada.

Sebagai orang terkaya di Indonesia, ja juga memiliki usaha properti PT Propertindo Mulia Investama Tbk yang mengerjakan proyek The Kahyangan, Simprug Signature, The Grand Maja dan Tanjung Layar Beach Front City. Total kekayaan yang tercatat US$ 4,6 miliar.

  • Chairul Tanjung

Ia adalah pendiri CT Corp yang membawahi beberapa anak anak perusahaan seperti Trans Corp, Bank Mega, dan jaringan supermarket. Nilai kekayaannya mencapai US$3,8 miliar yang bersumber dari berbagai bisnis. Ia juga memiliki aset bernilai miliaran rupiah.

Selain sebagai seorang pengusaha yang sukses dan mendapat julukan “si Anak Singkong”, Chairul Tanjung pernah menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Kehutanan Indonesia hingga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

  • Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu memulai usaha sendiri dengan membeli CV Pacific Lumber Coy yang sedang kesulitan keuangan. Ia mengganti nama CV dengan PT Barito Pacific Timber dan membangunnya menjadi perusahaan kayu yang stabil hingga bisa go public pada 1993.

Pada 2007, Ia mengubah nama perusahaan lagi menjadi PT Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayu. Prajogo pun mengembangkan usaha Barito Group dengan merambah bidang petrokimia, minyak sawit mentah, dan properti. Barito Pacific lalu mengakuisisi perusahaan petrokimia, Chandra Asri dan PT Tri Polyta Indonesia Tbk.

Setelah Chandra Asri pun merger dengan Tri Polyta Indonesia, kini Chandra Asri Petrochemical menjadi produsen petrokimia terbesar di Indonesia. Berkat usahanya, Prajogo telah memiliki kekayaan senilai US$ 3,5 miliar (Rp 49,9 triliun).

  • Low Tuck Kwong

Orang terkaya di Indonesia ini adalah pengusaha batubara Kalimantan yang merupakan pendiri Bayan Resources. Lelaki kelahiran Singapura tersebut telah menjadi Warga Negara Indonesia sejak 1992. Low menjadi salah satu orang terkaya Indonesia dengan nilai kekayaan sekitar US$ 2,4 miliar.
Low Tuck Kwong Profil Orang Terkaya di IndonesiaKekayaannya bersumber dari Bayan Resources yang nilai sahamnya terus naik. Selain Bayan Resources, Low mengendalikan perusahaan pelayaran Singapura, Manhattan Resources. Ia juga merupakan orang penting di The Farrer Park Company, Samindo Resources dan Voksel Electric.

Baca juga: Berhenti Donasi UNICEF yang Cepat dan Mudah

Selain itu, Low juga terlibat dalam pembangunan sistem kabel laut bawah laut untuk konektivitas internet yang menghubungkan Singapura, Indonesia dan Malaysia.

  • Mochtar Riady

Miliader Indonesia ini adalah pendiri Lippo Group, sebuah perusahaan dengan nilai pendapatan US$ 8 miliar. Usaha Lippo Group terdiri dari real estate, ritel, perawatan kesehatan, media dan pendidikan. Pada 2018, saham Lippo jatuh karena skandal dugaan suap terkait dengan proyek Meikarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here