Oli Motor Terbaik Pertamina Enduro Ilustrasi
Ilustrasi, foto: pixabay

ACEHINSIDE.ID – “Oli motor terbaik adalah Pertamina Enduro.” Demikian jawaban salah satu montir senior di bengkel langganan di kota Banda Aceh beberapa bulan yang lalu kepada seorang konsumen yang menanyakan pelumas terbaik.

Jawaban itu terdengar oleh saya, pun demikian saya tidak langsung percaya dengan apa yang disampaikan sang montir. Terlebih waktu itu, saya tidak mau ambil pusing untuk oli kendaraan. Asalkan harga oli motor sesuai kantong, apapun jenis olinya tancap saja.

Namun, seiring waktu berganti waktu dari detik ke detik, penasaran juga dengan apa yang disampaikan montir itu. Terlebih saya tipikal orang yang suka penasaran dengan apa yang saya lihat, baca ataupun saya dengar.

Berbekal smartphone sederhana dan kuota internet seadanya, saya coba browsing di internet mencari tau tentang Pertamina Enduro dan juga keunggulannya. Kali yang disampaikan sang montir adalah bagian dari marketing produk.

Siapa tahukan, selain iklan di media massa, Pertamina Lubricant juga memanfaatkan para montir untuk menjual produknya. Hehehehe

Hasil penelusuran melalui mesin pencari di internet, banyak informasi yang menyatakan bahwa Pertamina Enduro oli andalan semua dan oli motor terbaik.

Satu informasi menarik bertajuk “Pertamina Enduro 4T Racing Dampingi Stephen Langitan Solo Ride Adventure Jakarta – London 30.000 km.” Informasi tersebut dirilis di website pertamina.com pada 27 Maret 2018.

Dalam informasi tersebut, Stephen Langitan, seorang blogger traveller dan otomotif menyebutkan Pertamina Enduro selalu memberikan performa yang baik.

“Enduro membuat mesin tetap prima, tidak panas dan stabil pada suhu ekstrim sekalipun,” katanya.

Informasi tersebut memberi kesimpulan, Enduro, jagoannya oli kendaraan. Tidak mungkinlah seorang Stephen Langitan yang sudah terkenal itu membuat review bohongan atas suatu produk, apalagi produk itu berkaitan dengan kebutuhan orang banyak.

Pertanyaannya, apakah dengan informasi dan review dari Stephen Langitan itu membuat saya langsung tertarik menggunakan oli Pertamina Enduro?? Eiitss, tunggu dulu.

Meskipun yang disampaikan oleh blogger otomotif di atas benar adanya, tapi belum membuat saya tertarik mencoba oli produksi Pertamina Lubricants itu.

Kemudian saya coba searching tentang keunggulan oli Pertamina Enduro. Dalam sepersekian detik muncul berbagai informasi yang bisa menjadi santapan pengetahuan baru bagi saya kala itu.

Satu yang menarik perhatian saya adalah berita yang ditulis di inews.id dengan tajuk Gunakan Oli Sesuai Jenis Sepeda Motor, Pertamina Siapkan 6 Pilihan Pelumas. Berita tersebut dipublikasikan pada 10 Desember 2019 silam.

Dalam berita tersebut, Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, Agung Prabowo mengemukakan bahwa kebutuhan oli antara motor matik, sport dan racing berbeda.

“Emang apanya yang harus berbeda, bukankah semua oli itu sama. Semuanya hanyalah cairan kental saja, justru yang membedakannya hanyalah merek saja,” pikir saya dalam hati.

Lebih lanjut Agung Prabowo menyebutkan, Pertamina telah menyiapkan enam jenis pelumas sesuai dengan model sepeda motor.

Keunggulan Pertamina Enduro Oli Motor Terbaik
Infografis

Satu per satu jenis dan keunggulan masing-masing cairan kental untuk mesin ini saya baca dan saya pahami. Saking seriusnya, tak sadar tiba giliran motor saya diservice.

“Jadi diservice motornya pak?” tanya montir.
“Jadi pak.. jadi,” jawab saya dengan nada seperti orang terkejut.
“Servicenya seperti biasa ya pak, olinya pakek Enduro Matic SAE 10W-30 aja,” lanjut saya.

Setelah diservice dan olinya diganti dengan oli motor terbaik Pertamina Enduro, tarikan mesin motor saya lebih ringan dan bahkan suara mesinnya tidak kasar. Oli motor matic ini ternyata benar-benar cocok dan padu dengan motor matic saya.

Oli Motor Matic
Enduro Matic SAE 10W-30

Sejak saat itu dan berkat montir langganan, saya tidak pernah lagi beralih ke oli yang lain. Bagaimana dengan kamu, apa tidak mau buktikan ketangguhan Enduro yang merupakan pelumas terbaik?

Soal harga, Harga oli motor ini tidaklah sampai membuat dompet saya kosong meskipun saya hanyalah seorang masyarakat biasa.

***

Khusus buat kamu yang belum paham tentang berbagai hal tentang oli, berikut saya sajikan sedikit informasi yang kiranya bermanfaat. Tujuanya, jangan sampai kamu salah kaprah memilih pelumas terbaik untuk kendaraan kamu.

Pelumas Terbaik
Ilustrasi

Oli atau disebut juga minyak pelumas adalah zat kimia berbentuk cairan yang diberikan antara dua benda yang bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Umumnya, cairan kental ini terdiri dari 90% minyak dasar dan 10% zat tambahan.

Cairan dengan bahan dasarnya minyak ini berfungsi sebagai pelapis dan pelindung untuk mencegah terjadinya benturan antara logam dengan logam komponen mesin. Dan yang tak kalah penting fungsi dari oli ini adalah mencegah terjadinya goresan dan keausan pada komponen dalam sebuah mesin.

Manfaat Oli untuk Mesin Motor
Selain 2 fungsi yang telah dituliskan di atas, ada beberapa fungsi lain dari cairan pelindung mesin yang harus kamu ketahui.

Manfaat Oli Motor Terbaik untuk Mesin
Infografis

Pendingin. Selain untuk melindungi gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin, minyak pelumas terbaik memiliki fungsi lain yakni untuk mendinginkan mesin. Hal ini bukan berarti mesin tidak akan panas, akan tetapi bisa mencegah panas yang berlebih.

Membersihkan Komponen. Cairan kental ini memiliki zat aditif yang funsinya untuk membersihkan komponen di dalam mesin. Dengan adanya ini, kotoran akan dibawa ke filter yang kemudian disaring sehingga mesin menjadi bersih kembali.

Menghaluskan Suara Mesin. Pelumas berfungsi sebagai peredam suara antara gesekan mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus. Oleh karena itu suara motor yang kasar bisa jadi disebabkan karena pelumas sudah lama tidak diganti.

Anti Karat. Oli memiliki aditif yang berfungsi sebagai anti karat. Sehingga sangat membantu mencegah terjadinya karatan pada mesin yang berbahan dasar logam. Perlu diketahui, mesin yang berkarat akan sangat membebani kerja-kerja mesin.

Sebagai Perapat. Selain melumasi, pelumas terbaik juga berfungsi untuk merapatkan celah-celah antara silinder dan piston. Sehingga mencegah terjadinya kebocoran kompresi dan tekanan hasil pembakaran. Oli akan berfungsi sebagai lapisan yang akan mengisi celah antara piston dan silinder.

Demikianlah beberapa fungsi dari minyak pelumas. Oleh karena itu, pilihlah pelumas terbaik Pertamina Enduro agar fungsi-fungsi yang telah saya sebutkan di atas berjalan secara maksimal pada kendaraan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here