Ilustrasi Niat Puasa Senin Kamis
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Niat puasa senin kamis merupakan satu hal tak boleh dilupakan saat akan menjalani ibadah menahan diri dari makan dan minum pada 2 hari dalam seminggu. Untuk diketahui, waktu, adab, dan tata cara puasa ini tidak jauh berbeda dengan puasa pada bulan suci Ramadhan.

Puasa Sunnah yang dilaknsakan akan membersihkan organ dalam tubuh, demikian manfaatnya jika ditinjau dari aspek kesehatan. Semisal, usus-usus memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa serta endapan makanan, meminimalisir kegemukan dan kelebihan lemak dalam perut.

Bukan hanya itu, puasa juga dapat meredam hawa nafsu, baik nafsu makan, minum, atau syahwat. Selain itu, banyak orang juga melaksanakan puasa ini untuk niat tertentu, mulai dari kesehatan, kesuksesan karir hingga mencari jodoh yang tepat.

Baca juga: Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Bagi anda yang ingin melaksanakan ibadah ini, berikut lafadh niat puasa senin kamis yang wajib anda ketahui dan lakukan sebelum melaksanakan ibadah saum ini.

Nawaitu Sauma Yaumal Itsnaini Sunnatan Lillahi Ta-”ala.

Artinya : Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Mengutip ensiklopedia online, puasa atau saum adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu.

Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan. Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya.

Puasa sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah dalam suatu agama atau sesuatu kewajiban yang harus di lakukan Manusia menurut kepercayaan Agamanya. Berdasarkan beberapa sumber bacaan, ternyata ibadah puasa dijalankan oleh beberapa agama yang ada di dunia.

Baca juga: Seva Jual Mobil Bekas Kualitas Berkelas dengan Harga Pantas

Walaupun cara yang dilakukan berbeda, inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan.

Menurut banyak kajian, puasa itu dapat menyehatkan tubuh. Puasa menggantikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh dan menggantinya dengan sel-sel yang baru. Selain itu, puasa mampu meningkatkan kembali hormon pertumbuhan hingga 2000% pada laki-laki dan 1300% pada perempuan.

Hormon pertumbuhan ini akan memfasilitasi pembakaran cadangan lemak dalam tubuh selama berpuasa. Peningkatan kembali hormon pertumbuhan dalam tubuh juga bermanfaat dalam melawan penuaan.dini.