10 Negara Tertua di Dunia

ACEHINSIDE.ID – Kebanyakan ahli sejarah sepakat bahwa Ethiopia adalah salah satu negara tertua di dunia. Demikian salah satu jawaban atas pertanyaan Negara apa yang pertama di dunia? di situs berbagi pengetahuan, quora yang dijawab oleh akun Ciput Putrawidjaja.

1. Ethiopia
Selain itu, pemilik akun quora yang tinggal di Bekasi menjelaskan bahwa fossil-fossil manusia (Homo sapiens) tertua pun ditemukan di negeri ini, sudah disepakati secara ilmiah pula bahwa Ethiopia sudah berbentuk sebuah negara pada tahun 980 BCE. Ketika salah satu dari raja-raja pertama, yang dikenal sebagai D’mt, berkuasa.

Ethiopia merupakan salah satu dari sedikit negara-negara Afrika yang hampir tidak pernah dijajah, kecuali ketika diduduki oleh Italia di bawah diktator Benito Mussolini pada dekade 1930an.

2. Yunani
Selanjutnya ada negara Yunani. Kembali ke jaman Yunani Kuno, negara Yunani telah berlangsung selama 5000–6000 tahun. Orang-orang Yunani dikenal telah mengajarkan konsep-konsep revolusioner dunia dan menciptakan dasar-dasar peradaban Barat modern.

Mereka banyak melakukan penemuan dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan sastra, penyusunan hukum dan politk, dan ibukota Athena menjadi tempat terbentuknya demokrasi yang pertama.

Negara Yunani
Photo Credit By Mark and Anna Photography

Meskipun negara Yunani modern saat ini memiliki perbedaan batas-batas teritorial dengan negara Yunani kuno, dan negeri ini telah berpindah kekuasaan yang berbeda-beda, sebagian besar budaya aslinya masih utuh dan bertahan sebagai salah satu negara tertua di dunia.

3. Portugal
Meski tidak setua Yunani atau Ethiopia, Portugal merupakan negara yang mampu mempertahankan batas-batas kedaulatannya selama ribuan tahun, yang ditetapkan pada tahun 1139 CE! Ibukotanya, Lisbon/Lisabon/Lisboa tercatat lebih tua daripada Roma.

4. Jepang
Jepang juga termasuk salah satu negara pertama di dunia, sejak dinobatkannya kaisar/tenno yang pertama, Kamuyamato Iwarebiko (Jimmu Tenno) yang dianggap sebagai titisan Dewa Matahari Amaterasu, pada tahun 660 BCE menurut hikayat Jepang.

Sementara hikayat tidak memberikan fakta yang sahih, catatan tentang negara Jepang muncul dalam kesusasteraan China pada tahun 300 CE.

Meski melalui pasang surut politik dan dilanda masa Sengoku Jidai selama hampir 200 tahun, Kekaisaran Matahari Terbit masih bertahan hingga hari ini dengan Kaisar ke-126, Naruhito (Reiwa Tenno) yang naik tahta April 2019 yang lalu.

5. Mesir/Egypt
Seperti Yunani Modern dan Yunani Kuno, negara Mesir modern memiliki teritorial yang berbeda dengan masa Mesir Kuno. Negara dan kebudayaan Mesir Kuno telah eksis sejak abad ke-6 BCE. Aksara hyeroglyph merupakan sistem aksara tulis tertua kedua di dunia, dan kerajaan Mesir pertama muncul pada abad ke-6 BCE.

Negara Mesir
Photo Credit By Zbigniew Guzowski

Melalui penguasaan berbagai imperium, termasuk Persia dan Ottoman, negeri ini sebenarnya mulai dikuasai orang-orang Arab pada abad 9–10 BCE.

6. China
China adalah salah satu kebudayaan paling tua yang masih bertahan, dan dinasti pertamanya, dinasti Xia berdiri sejak 2070 BCE dan berkuasa sangat lama hingga tahun 1600 BCE (400 tahun)!

7. San Marino
Negeri mungil San Marino di tengah-tengah negara Italia modern ini merupakan negara terkecil di Eropa dan republik tertua di dunia yang masih eksis.

Didirikan sebagai republik pada tahun 301 CE oleh para pastor Katolik untuk melindungi pengikut agama Katolik dari persekusi masyarakat di sekitarnya, yang ketika itu masih belum memeluk agama Katolik. San Marino juga memiliki konstitusi resmi tertua di dunia pada tahun 1600 CE.

8. Iran
Negeri Iran kuno mulai berdiri sekitar tahun 550 BCE di bawah dinasti Achaemenid. Imperium Persia bertahan hingga Shah terakhir, Shah Mohammad Reza Pahlevi dimakzulkan oleh para Mullah (ulama) yang kemudian mendirikan Republik Islam Iran pada Februari 1979.

9. India
Sub benua India telah dihuni sejak 5000–6000 tahun yang lalu dan kebudayaan besarnya mulai muncul sekitar tahun 1500 BCE dengan munculnya Kebudayaan Vedic, yang mendasari Hinduisme. Namun hampir tidak pernah ada pemerintahan yang mampu menguasai seluruh anak benua India ini selain Inggris.

Photo credit By RuthCho

Bahkan ketika Inggris memberikan kemerdekaan pun negeri ini langsung terbelah dua menjadi India dan Pakistan pada tahun 1947, dan kemudian Bangladesh pada tahun 1971.

10. Perancis
Sejarahwan bersepakat bahwa negara Perancis mulai berdiri pada abad ke-5 CE dan masuk sebagai negara pertama di dunia, ketika Raja Clovis naik tahta, dan Perancis pernah berjaya sebagai negara adidaya di Eropah dan dunia, menyaingi musuh bebuyutannya Inggris dengan wilayah imperium kolonial yang tersebar di Amerika, Afrika, Asia dan Pasifik.

Baca juga: Obat Asam Urat MOSEHAT

Monarki Perancis mulai runtuh di akhir abad XVIII, meski jatuh bangun bergantian dengan Republikan sampai terbentuk Republik ke-5 pasca Perang Dunia II.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here