Menstruasi Tidak Teratur
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Menstruasi tidak teratur mungkin banyak dialami sejumlah perempuan. Tapi, sebuah studi di British Medical Journal (BMJ) menunjukkan bahwa hal ini dapat menjadi penanda kesehatan secara umum. Mereka yang mengalami hal berisiko lebih besar meninggal sebelum usia 70.

Bersama dengan rekannya, Profesor Jorge E Chavarro di Harvard TH Chan School of Public Health di Boston melihat data 79.505 wanita pra-menopause yang sehat dari proyek penelitian jangka panjang yang disebut Nurses ‘Health Study II.

Baca juga: Bahaya Begadang untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Dikuto dari suara.com, penelitian ini menyoroti perempuan dalam kelompok usia, berat badan, gaya hidup dan riwayat medis keluarga diperhitungkan, dan panjang siklus yang dilaporkan. Panjang siklus standar adalah 28 hari, meskipun antara 26 hari dan 31 hari juga dianggap normal.

Mereka yang melaporkan siklus tidak teratur atau yang berlangsung lebih dari 40 hari ternyata berisiko lebih besar kematian dini. Sementara untuk perempuan berusia antara 2 dan 46 tahun, mereka dengan menstruasi tidak teratur 39 persen lebih mungkin meninggal secara lebih dahulu daripada perempuan yang melaporkan siklus sangat teratur.

Diperkirakan bahwa penyebab perdarahan tidak teratur sebagian dapat disalahkan, karena mereka yang memiliki ovarium polikistik (PCOS) sebelumnya memiliki risiko lebih besar terkena diabetes, tekanan darah tinggi, dan kanker rahim.

Baca juga: Perempuan Gemar Baca Buku Dinilai Menarik oleh Pria, Benarkah??

“Saya akan mengatakan bahwa sementara PCOS adalah bagian dari mengapa kita melihat hubungan ini, itu hanya ekstrim dari kontinum bagaimana produksi hormon ovarium dikendalikan,” kata Profesor Chavarro.

Profesor Adam Balen, dari Royal College of Ahli Obstetri dan Ginekologi menambahkan, bahwa poin penting yang diilustrasikan oleh penelitian ini adalah bahwa keteraturan menstruasi dan kesehatan reproduksi memberikan jendela ke dalam kesehatan jangka panjang secara keseluruhan, dan langkah-langkah untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan wanita muda dengan siklus menstruasi yang tidak teratur juga dapat meningkatkan kesehatan seumur hidup.

“Oleh karena itu, perempuan muda dengan menstruasi tidak teratur membutuhkan penilaian menyeluruh tidak hanya dari hormon dan metabolisme mereka tetapi juga gaya hidup mereka sehingga mereka dapat diberi tahu tentang langkah-langkah yang dapat mereka ambil yang dapat meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.’