Pantai Lampuuk Digagas jadi Destinasi Sport Tourism
Sandiaga Uno Berjalan di Bibir Pantai (Foto: antara)

ACEHINSIDE.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menggagas Pantai Lampuuk di Aceh Besar, sebagai salah satu destinasi wisata sport tourism, yang direncanakan akan digelar ajang triatlon.

“Di Pantai ini seperti kita lihat dengan mata kita, kecantikan pantai yang sangat bersih dan putih. Ini saya lihat, seandainya cocok, nanti akan di survei untuk open water swimming,” kata Menparekraf Sandiaga Uno di Aceh Besar, Minggu (2/5/2021) sebagaimana dikutip dari beritasatu.com

Baca juga: Masjid Tua di Indrapuri Aceh Bukti Peninggalan Peradaban Islam

Pernyataan itu disampaikan Sandiaga Uno usai peletakan batu pertama pembangunan mushola dan meninjau Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar. Turut mendampingi Anggota Komisi X DPR Illiza Sa’aduddin Djamal dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Jamaluddin.

Dia menjelaskan dengan kondisi air laut tenang hingga dua kilometer, maka area Pantai Lampuuk dapat menjadi salah satu destinasi renang. Kemudian beberapa titik lokasi lain pantai yang juga berdekatan dapat digunakan untuk berselancar.

“Ocean Men sudah kita gagas di Sanur (Bali), kalau disini kita gagas long distance triatlon. Jadi renangnya di Pantai Lampuuk, lalu sepedanya bisa lokasi lain di Aceh Besar, dan ditutup dengan maraton,” kata Sandiaga Uno.

Selain sport tourism, lanjut dia, Kemparekraf juga akan menggagas agar wisata Pantai Lampuuk dibarengi dengan dengan festival musik, pariwisata halal, serta beragam kuliner sehingga membantu dalam mendongkrak ekonomi masyarakat setempat.

Baca juga: Tiga Festival di Aceh Ini Masuk Agenda Wisata Nasional

Sandiaga Uno juga mengapresiasi pembangunan fasilitas ibadah musala oleh Pemerintah Aceh di lokasi wisata Pantai Lampuuk. Menurut dia, ini merupakan satu kesatuan dengan pariwisata berbasis sejarah yakni Masjid Rahmatullah, masjid yang kokoh meski dihantam tsunami 2004 silam.

“Dan hari ini kita meletakkan batu pertama mushola, ini merupakan layanan tambahan kemudahan pariwisata halal untuk beribadah bagi wisatawan saat mereka sedang menikmati keindahan alam,” katanya.

Baca juga: Tradisi Adat di Aceh yang Lekat dengan Nuansa Islami

Sandiaga Uno berharap agar fasilitas di lokasi wisata terus dijaga dengan baik yang mengacu pada kebersihan, kesehatan, keselamatan dan keberlanjutan lingkungan.

Berita sebelumyaSambangi Gampong Lancok-lancok, Pegawai KPP Pratama Bireuen Santuni Dhuafa
Berita berikutnyaAnggota DPR Aceh Soroti Bank Syariah: ATM Sering Kosong-Gagal Transfer