Menghilangkan Bekas Luka Bakar dengan Bahan Alami
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Pada dasarnya bekas luka dapat menghilang dengan sendirinya, namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada orang yang menggunakan obat berbahan kimia untuk menghilangkan bekas tersebut, ada juga yang memanfaatkan bahan alami. Apa sajakah bahan alami yang dapat menghilangkan bekas luka bakar?

Madu
Madu tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara dikonsumsi secara rutin. Madu ternyata memiliki senyawa yang dapat berfungsi sebagai anti bakteri dan anti peradangan. Dari beberapa percobaan yang telah dilakukan, mengoleskan madu pada luka bakar ternyata dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Bahkan beberapa diantaranya merasa lebih baik dan mengurangi rasa sakit. Selain dapat menyembuhkan secara cepat, madu juga dapat membuat bekas luka menjadi lebih halus. Cara menggunakannya juga cukup mudah, tinggal mengoleskan pada bagian luka secara rutin setiap hari.

Minyak Wijen
Obat luka bakar kena knalpot selanjutnya adalah minyak wijen. Kandungan senyawa baik yang terdapat didalamnya terbukti dapat membantu kulit menjadi lembab dan dapat menyerap sensasi rasa panas pada luka bakar tersebut. Senyawa lainnya juga dapat membantu untuk mengurangi munculnya bekas luka.

Minyak Lavender
Terkenal akan baunya yang harum, minyak lavender juga bisa dimanfaatkan untuk membantu penyembuhan luka bakar dan menghilangkan bekasnya secara perlahan. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan 2-3 tetes dengan minyak zaitun atau yang lain. Kemudian oleskan pada bagian yang terluka tersebut.

Minyak lavender nantinya akan bekerja mengurangi rasa sakit setelah terkena knalpot. Disisi lain, senyawa yang terkandung didalamnya juga dapat meminimalisir munculnya jaringan parut yang terbentuk. Anda perlu berhati-hati dalam penggunaannya, karena pada beberapa orang menimbulkan efek kantuk.

Lidah Buaya
Tanaman satu ini sangat terkenal akan khasiatnya dalam dunia kecantikan dan kesehatan, tidak lain adalah tanaman lidah buaya. Gel pada lidah buaya tidak hanya dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar saja.

Disisi lain, gel tersebut akan membantu meringankan rasa sakit, bengkak dan menghilangkan bekas luka bakar secara perlahan.

Gel lidah buaya juga dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka diabetes, caranya cukup mengoleskan gel tersebut pada bagian yang terluka dan biarkan sampai kering sekitar 30 menit. Setelahnya, bilas dengan air sampai bersih.