Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Tidur pada Bayi
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Hidung tersumbat terjadi karena adanya penumpukan lendir pada saluran pernapasan. Tubuh merespons benda asing, entah virus atau polusi udara, dengan hal tersebut. Khusus pada bayi, hidung tersumbat menyebabkan bayi sulit makan dan suara napasnya menjadi lebih nyaring.

Hidung tersumbat sebenarnya bukanlah masalah serius. Namun, cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur pada bayi perlu dilakukan agar kondisinya tidak menjadi parah.

Baca juga: Diduga Langgar Syariat Islam, Hotel di Aceh di Segel Aparat

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa Anda lakukan saat gejala mulai muncul. Healthline.com menjelaskan beberapa gejala yang mungkin timbul, yaitu adanya lendir kental di hidung, bayi berdengkur, batuk, sulit makan, dan lain-lain.

Selain virus dan polusi udara, hidung tersumbat pada bayi juga bisa disebabkan karena alergi. Healthline pun tak lupa memberikan cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur pada bayi yang bisa Anda coba.

Hindari Dehidrasi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah memastikan bahwa bayi tidak mengalami dehidrasi. Anda harus mencukupi kebutuhan cairan dan kalori agar kondisi bayi tetap terjaga. Cara melihat apakah bayi sudah cukup terhidrasi dengan baik atau belum dengan melihat popoknya.

Healthline menyebutkan bahwa popok perlu diganti karena berisi kotoran bayi selama 6 jam sekali. Jika dalam 6 jam popok bayi tidak penuh kotoran, Anda perlu curiga bahwa bayi dehidrasi. Apabila kondisinya tak membaik, segera periksakan bayi ke dokter.

Mandi Pakai Air Hangat

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah memandikan bayi menggunakan air hangat. Bayi yang sudah bisa duduk akan menikmati waktu mandi sekaligus bermain air. Hal ini bisa membuat bayi lupa dengan rasa tidak nyaman yang sedang dialami.

Baca juga: Selamat! Kareena Kapoor Melahirkan Anak ke-2 di Usia 40 Tahun

Gunakan Humidifier

Humidifier juga bisa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Menggunakan humidifier saat bayi tidur akan mengencerkan lendir yang menyumbat hidung.

Jika tidak memiliki humidifier, Anda bisa menyalakan keran air panas di kamar mandi dan duduk di sana bersama bayi. Anda bisa melakukannya selama beberapa menit dan berulang kali dalam sehari.