Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Tubuh
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh adalah sesuatu yang belum diketahui oleh banyak orang. Bahkan ada sebagian yang menganggap daun ini tak lebih seperti daun bagian dari tumbuhan yang tak memiliki khasiat apapun.

Sebelum mengurai lebih jauh khasiat daun bidara, perlu diketahui bahwa daun ini mengandung komposisi kimiawi yang terdiri dari protein dan asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, terpenoid, saponin, serat, tanin, dan senyawa fenolik.

Khasiat Daun Bidara

Sebagai informasi, daun bidara menunjukkan sifat antioksidan, sifat imunostimulan, sitoprotektif, hepatoprotektor, dan aktivitas farmakologis penting lainnya. Oleh karena itu, manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi.

1. Atasi Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit berbahaya apabila dibiarkan begitu saja. Namun, ternyata diabetes bisa diatasi oleh daun bidara. Tumbuhan ini memiliki kandungan senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sistem pengaturan kadar gula.

Anda bisa mengonsumsi teh daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dan darah. Tumbuhan ini juga dapat mengatur sistem perlindungan terhadap pengaturan produksi insulin.

Baca juga: 5 Manfaat Air Lemon Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan

2. Cegah Kanker dan Tumor

Khasiat daun bidara dapat menjaga kesehatan tubuh dengan membunuh sel-sel kanker. Tumbuhan ini memiliki kandungan yang bisa menangkal pertumbuhan sel-sel berbahaya yang juga bisa berisiko tumor. Oleh karena itu, untuk mencegah kanker dan tumor, daun ini sangat bagus untuk dikonsumsi.

3. Meringankan Depresi

Senyawa yang terkandung dalam daun ini mampu memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh. Oleh karean itu, khasiat daun bidara ini adalah meringankan depresi. Anda bisa mengolahnya menjadi teh untuk memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau dewasa yang memiliki banyak masalah dan stres.

Khasiat Daun Bidara
Daun Bidara

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Khasiat daun bidara lain adalah membantu menurunkan berat badan karena tumbuhan alami ini memberikan rasa kenyang lebih lama. Cara menggunakannya adalah dengan meminum air rebusan daun ini yang direndam semalaman atau dengan konsumsi teh daun bidara.

Baca juga: Diet Sehat tanpa Nasi Putih agar Tetap Bugar

5. Membantu Mengobati Wasir

Penyakit wasir memang bukan penyakit mematikan, tapi tetap saja bisa sangat mengganggu dan juga menyiksa penderitanya. Khasiat daun bidara ini dapat mengobati wasir. Cara menggunakan dengan meminum air rebusannya secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here