Manfaat Buah Naga Merah untuk Ibu Hamil Muda

ACEHINSIDE.ID – Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil muda memang tidak diragukan. Namun sayangnya, banyak orang yang belum mengetahui akan hal ini. Sehingga buah ini tidak belum dijadikan sebagai santapan oleh banyak ibu-ibu yang sedang mengandung.

Buah naga mengandung ragam nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi. Tidak mengherankan jika buah ini manfaat untuk kesehatan sangat luar biasa, karena kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga: 5 Manfaat Air Lemon Hangat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain untuk kesehatan secara umum, manfaat buah naga merah untuk ibu hamil muda juga sangat baik. Selain memenuhi kebutuhan gizi ibu, buah ini juga memberi manfaat bagi kesehatan janin. Berikut beberapa manfaat dintaranya sebagaimana dikutip dari kumparan.com

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Buah naga kaya akan kandungan zat besi yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah sehingga mencegah anemia dalam kehamilan. Konsumsi buah naga secara rutin dan teratur dapat mengatasi pemasalahan anemia selama kehamilan.

Sumber Energi Bagi Tubuh

Ibu hamil umumnya seringkali merasa lemas dan cepat lelah. Kondisi seperti ini sebaiknya diwaspadai supaya tidak berdampak buruk untuk perkembangan janin. Kandungan nutrisi pada buah naga sangat efektif untuk menambah energi bagi ibu hamil.

Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Janin

Kerusakan tabung saraf atau kelainan sumsum tulang belakang bisa dicegah dengan rutin konsumsi buah naga selama hamil.

Menjaga Kesehatan Tubuh

Ibu hamil sangat rentan sekali terkena berbagai masalah kesehatan tubuh. Permasalahan seperti ini sebaikya ditangani dengan baik dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi, seperti buah naga. Kandungan vitamin dan antioksidan dalam buah naga merah mampu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imun tubuh.

Menyempurnakan Pembentukan Indera Penglihatan Janin

Kandungan betakaroten pada buah naga bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan pembentukan indra penglihatan bayi. Bahkan zat tersebut bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata ibu hamil supaya terhindar dari kerusakan retina yang bisa membahayakan proses persalinan normal.

Mencegah Bayi Lahir Prematur

Adanya asam folat dalam buah naga merah dapat mencegah bayi lahir cacat atau prematur. Konsumsi buah naga merah secara teratur untuk mencukupi asupan asam folat bagi ibu hamil dan perkembangan janin.

Baca juga: Air Rebusan Daun Pandan, Kenali Manfaatnya untuk Kesehatan

Menstabilkan Gula Darah

Kadar gula darah yang berlebih tentu saja sangat berisiko terhadap kesehatan ibu hamil. Bahkan hal ini berisiko terhadap diabetes gestational yang menghambat tumbuh kembang janin dan bahkan mempersulit persalinan normal. Untuk mengatasinya, Mom bisa mengonsumsi buah naga.

Konsumsi buah naga secara rutin dan teratur tentu saja akan memberikan dampak positif untuk perkembangan janin hingga tiba waktunya persalinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here