Luas Karhutla Nagan Raya
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Badan Penanggulangan Bencana Aceh menyatakan luas karhutla atau kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Nagan Raya Aceh hingga Rabu (3/3/2021) mencapai 17,5 hektare.

Sebaran lokasi kebakaran meliputi di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir dengan areal yang sudah terbakar mencapai 7 hektare. Kemudian di Desa Blang Puuk Kecamatan Beutong Ateuh mencapai sekitar 2 hektare.

Baca juga: Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Tahun 2021

Sedangkan di Kecamatan Kuala Nagan Raya, tersebar di tiga desa meliputi Desa Kuta Makmur seluas 2 hektare,k Desa Puloe Ie sekitar 5,5 hektare, serta Desa Blang Baro luas lahan yang terbakar sekitar satu hektare.

“Saat ini upaya pemadaman untuk sebagian lokasi kebakaran masih terus dilakukan,” kata Petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi BPBA Haslinda Juwita sebagaimana dikutip dari suara.com

Haslinda Juwita juga menjelaskan upaya pemadaman di sejumlah lokasi kebakaran lahan tersebut melibatkan petugas dari BPBD Kabupaten Nagan Raya dibantu TNI, Polri, masyarakat, KPH Wilayah IV Aceh Barat, Brimob Kompi V Kuala menggunakan tiga unit mobil pemadam kebakaran, termasuk empat unit mesin pompa air.

“Sulitnya akses jalan yang tidak bisa dilintasi mobil pemadam kebakaran, menyebabkan upaya pemadaman terkendala, ditambah persoalan terbatasnya sumber air dan selang untuk melakukan upaya pemadaman, juga menyebabkan proses pemadaman kebakaran lahan di Nagan Raya juga ikut terkendala, tuturnya.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari antara.com, Gubernur Aceh Nova Iriansyah menegaskan penanganan karhutla yang terjadi di sejumlah kabupaten di Provinsi Aceh, sudah sesuai instruksi dan arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi secara Alami

Berdasarkan penjelasan yang saya terima, semua perencanaan dan strategi di lapangan menurut saya dan Pangdam sudah sangat rasional. Sudah sesuai dengan arahan presiden dan sesuai perundang-undangan yang berlaku,” kata Nova Iriansyah, di Meulaboh, Rabu (3/3) siang.

Penegasan ini ia sampaikan saat meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di perbatasan Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya, di kawasan Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya.