Kopi-Jujur-Kopi-Asli-tanpa-Campuran-Essen
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen adalah minuman berwarna hitam yang bukan hanya menjadi trend kekinian tapi juga berkhasiat untuk kesehatan. Bahkan minuman yang memiliki aroma khas ini bisa dijadikan sarana untuk mengkampanyekan isu-isu sosial.

Salah satu kampanye isu sosial yang menggunakan minuman hitam ini adalah aksi #KopiJujurLawanCorona. Sebelum mengulas lebih jauh tentang aksi sosial kopi jujur ini, sedikit kita pahami tentang minuman sejuta ummat ini. Dan bagaimana sejarahnya sehingga menjadi salah satu minuman favorit di dunia. Dan juga jenis serta manfaatnya untuk kesehatan.

Baca juga: Pelatihan Barista Kartu Prakerja

Kopi Jujur Minuman Sejuta Ummat

Mengutip wikipedia, minuman ini merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Untuk diketahui, biji tanaman ini adalah salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara, di Indonesia.

Sejarah mencatat, Bangsa Etiopia adalah penemu kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi. Kemudian terus berkembang hingga menjadi salah satu minuman populer dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat dunia.

Mengutip jurnalbumi.com, sejarah kopi di Indonesia dimulai pada tahun 1696 ketika Belanda membawanya dari Malabar, India, ke Jawa. Mereka membudidayakan tanaman tersebut di Kedawung, sebuah perkebunan yang terletak dekat Batavia. Kala itu semua jenis yang ada di Indonesia merupakan jenis Arabika.

Jenis-jenis

Lebih lanjut, laman ensiklopedia online wikipedia menuliskan bahwa dua varietas yang dikenal secara umum yaitu Coffea Canephora atau Robusta dan Coffea Arabica atau Arabika. Keduanya tentunya memiliki aroma dan rasa yang berbeda.

Jenis-jenis
Ilustrasi
  • Arabika

Jenis kopi ini memiliki cita rasa terbaik. Kopi asli satu ini berasal dari Etiopia dan telah dibudidayakan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Ciri-ciri bijinya lebih kecil dan kandungan kafeinnya lebih rendah. Harga jualnya pun sangat tinggi.

  • Robusta

Jenis ini dapat dibudidayakan dimana Arabika tidak bisa tumbuh. Varietas ini sendiri ditemukan di Kongo dan disebut-sebut sebagai minuman hitam kelas 2. Ciri-cirinya memiliki biji yang jauh lebih besar, kandungan kafeinnya pun lebih tinggi sehingga memiliki rasa sedikit pahit.

Selain dua jenis di atas, ada dua jenis lain yakni Liberika dan Ekselsa.

  • Liberika

Jenis ini berasal dari Liberia, Afrika barat. Jenis ini memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis arabika dan robusta. Liberika agak rentan terhadap penyakit HV Hemileia vastratix atau penyakit karat daun. Dan kualitas buahnya lebih rendah.

  • Ekselsa

Jenis ini cocok dibudidayakan di daerah dataran rendah yang basah dan dapat juga ditanam di areal lahan gambut. Dari harga dan kualitas, Jenis ini masih kalah dari jenis Arabika maupun Robusta, namun jenis ini sangat mudah dalam hal pembudidayaannya.

Manfaat untuk Kesehatan

Kopi jujur, kopi asli tanpa campuran essen juga bermanfaat untuk kesehatan. Essen atau Essence adalah bahan yang ditambahkan baik pada makanan atau minuman sehingga dapat beraroma sesuai yang diinginkan. Secara Fungsi, essen sebagai pembuat aroma makanan dan minuman.

Sekedar diketahui, kopi yang telah ditambah essen sangat berbahaya untuk kesehatan. Kopi ini tidak sepenuhnya mengandung biji asli. Akan tetapi bahan bakunya berupa campuran berbagai bahan kimia yang tak disebutkan dengan spesifik.

Mengutip Okezone.com, untuk menghasil satu ton kopi campuran essen ini hanya dibutuhkan satu kilo biji sehingga minuman tersebut dapat dijual dengan harga murah. Kopi asli berasal dari biji yang berkualitas tidak mungkin dibanderol dengan harga murah.

Manfaat Kopi Jujur Asli tanpa Essen untuk Kesehatan
Ilustrasi

Minuman berwarna hitam ini memiliki aroma yang khas, sehingga banyak masyarakat dunia menjadikan si hitam ini sebagai minuman favorit. Disamping itu, banyak khasiat untuk kesehatan yang didapat dari minuiman ini.

Mengutip sehatq.com setidaknya ada 15 manfaatnya untuk kesehatan jika dikonsumsi tanpa campuran essen atau bahan-bahan lain, berikut beberapa di antaranya:

  1. Membakar lemak tubuh;
  2. Meningkatkan stamina dan fungsi otak;
  3. Menurunkan risiko penyakit diabetes dan kanker hati;
  4. Mencegah demensia dan penyakit Alzheimer;
  5. Membuat lebih bahagia dan memperpanjang umur;

Aksi Kopi Jujur Lawan Corona

Sebagaimana disebut di awal, selain bermanfaat untuk kesehatan, minuman favorit banyak orang ini juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengkampanyekan aksi-aksi sosial. Salah satunya sebagaimana yang dipraktekkan oleh Kopi Jujur.
Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis
Mengutip laman resminya, aksi 1 juta cup kopi gratis yang diolah menggunakan 100 % kopi asli dan aman dikonsumsi oleh tenaga medis, tenaga kesehatan yang menjadi garda depan penanggulangan wabah COVID 19 di jakarta. Tidak hanya rumah sakit, kini Kopi Jujur memperluas aksinya dengan kepada pengemudi ojek, supir taksi serta buruh lepas di kawasan Jakarta.

Kopi jujur mengajak seluruh komunitas kopi, para barista indonesia , pengusaha , para-millenial influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, Public Figure dan seluruh masyarakat luas untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta dengan membantu share, like, support penyebarluasan informasi kegiatan.

Dengan dukungan awal 10 Ribu cup kopi Gratis dari Bencoolen coffee berupa Kopi Tubruk 100 % Fine Robusta Asli, Kopi Filter, Kopi Jahe, Tenaga Barista dan Peralatan kopi lengkap bagi 8 RS Rujukan di Jakarta.

Tidak hanya rumah sakit, kini Kopi Jujur memperluas aksinya dengan memberikan kopi asli tanpa campuran essen, roti serta masker kepada pengemudi ojek online, supir taksi serta buruh lepas di beberapa titik kawasan Jakarta.

Support lain menuju 1 juta cup kopi maka tambahan yang dibutuhkan meliputi Tenaga Barista Pejuang , Peralatan Kopi & pendukung lainnya seperti kopi, gula sachet , hot paper cup , stirer , tenaga, roti, masker dan kendaraan untuk logistik, serta sembako.

Berikut salah satu aksi sosial dalam cuplikan video:

Aksi yang digagas ini bertujuan untuk mengajak seluruh komunitas kopi, para barista Indonesia, pengusaha, Figure dan seluruh masyarakat luas untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta.

Selain dukungan untuk terlibat langsung, aksi yang dilakukan selama 2 bulan sejak 30 Maret sampai 30 Mei 2020 juga menerima dukungan lain dari masyarakat. Beberapa dukungan lain yang dibutuhkan antara lain untuk menyukseskan aksi sosial ini antara lain:

    1. Tenaga Barista Pejuang;
    2. Kopi dan peralatanya dan juga gula sachet, hot paper cup, stirer, tenaga dan kendaraan untuk logistik;
    3. Roti atau makanan berat lainnya;
    4. Masker untuk mencegah penularan penyebaran COVID 19;
    5. Uang atau bentuk lainnya untuk menunjang aksi ini;

Dukungan berupa uang dapat ditransfer langsung ke rekening BCA dengan nomor 5045113245 atas nama PT. Cybers Global Indonesia atau bisa juga melalui laman Kitabisa.com atau Benihbaik.com.
Rekening Donasi Aksi Kopi

Langkah Menjadi Relawan Kopi Jujur

Jika kamu ingin terlibat langsung menjadi relawan dalam aksi ini, silahkan kunjungi website resminya dengan menekan tombol daftar atau bisa juga dengan mengunjungi laman indorelawan.org. Pada laman tersebut dituliskan detail tentang aktivitas relawan yang akan dilakukan, rinciannya lihat tabel berikut:

Tugas Relawan Membantu Team dalam mempersiapkan kebutuhan produksi, logistik, dan pengantaran kopi dan minuman hangat lainnya ke 8 rumah sakit yang ditunjuk pemerintah sebagai pusat penanggulangan covid 19
Perlengkapan Relawan Kesehatan Fisik & Kesiapan Mental ( tidak boleh dalam keadaan sakit , Flu, Batuk, dan lainnya . Dan siap untuk turun ke 8 rumah sakit penanggulangan COVID 19 ).
Metode Briefing Calon Relawan akan dipanggil / diinterview terlebih dahulu oleh Team untuk memastikan kesehatan dan kesiapan calon relawan. setelah itu akan diberikan tugas yang sesuai dengan kesediaan calon relawan.
Kriteria Relawan/Informasi Tambahan Laki-Laki/Perempuan
Usia : 19 – 35 tahun
Sehat Jasmani dan Rohani

Untuk berdiskusi atau ingin mengetahui lebih jauh tentang aksi sosial ini, team kopi jujur dapat dihubungi melalui nomor 082377761888 atau bisa juga melalui email di kopijujur1@gmail.com.

Disamping kamu bisa juga mengunjungi alamat mereka di PT. Cybers Global Indonesia, Gedung Perkantoran Pulomas Satu, Jln. Jendral Ahmad Yani, No. 2, Gedung 6 Lantai 2, No. 4, Kayu Putih, Kec. Pulogadung, DKI Jakarta 13210

Semoga dengan aksi ini memberikan semangat kepada para tenaga medis, tenaga kesehatan yang menjadi garda depan penanggulangan wabah COVID 19 di Jakarta khususnya.