Guru Sekolah Islam Terpadu Dilatih Desain Pembelajaran
Paduan Suara Gema Voice Azkiya Tampil di Pelatihan

ACEHINSIDE.ID – Sekolah Islam Terpadu (SIT) Azkiya Bireuen yang terdiri dari PG-TKIT, SDIT dan SMPIT bertekad kuat menjadi kiblat pendidikan di Aceh. Lebih dari itu, SIT ini menginginkan agar setiap siswanya dapat mengukir berbagai prestasi.

Demikian kata sambutan yang disampaikan Pembina Yayasan Ar Risalah Aceh, Ustad Syafie M Isa pada Pelatihan Desain Alur Pembelajaran Berbasis ADLX dengan Pendekatan Terpadu tingkat PAUD sampai dengan SMP.

Baca juga: TKIT Azkiya Bireuen Gelar Tasyakur dan Wisuda Angkatan XVI

Kegiatan yang menghadirkan 4 narasumber dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia, yakni Shinta Wati, S.Si, M.Pd, Maya Yunus, M.Ag, Yanti Haryati, S.Psi,M.Pd dan Diana Aprilianty, M.Pd diikuti oleh 60 guru dari sekolah-sekolah di Aceh yang tergabung dalam JSIT diselenggarakan di Kompleks SIT Azkiya Bireuen, Rabu 9 Juni 2021.

Menurut Ustad Syafie, SIT yang tergabung dalam JSIT mengajarkan siswanya bukan saja akademik, tapi juga membentuk karakter siswa termasuk hafalan Al quran agar menjadi siswa-siswinya generasi yang mampu mempertahankan dirinya disegala bidang.

“Kita ketahui bersama, kurikulum yang kita terapkan di SIT adalah perpaduan kurikulum dari Timur Tengah, Eropa, Jepang dan Indonesia, sehingga setiap siswa akan menjadi penerus yang berdaya saing diberbagai kancah,” jelas Ustad Syafie.

Insya Allah kedepan, tambah Ustad Syafie, Yayasan Ar Risalah yang menaungi PG-TK, SDIT, dan SMPIT Azkiya Bireuen akan berupaya menghadirkan SMAIT. “Oleh karena itu, kami sebagai pengurus yayasan sangat mengharapkan dukungan dari JSIT Indonesia untuk mengarahkan agar tujuan ini dapat segera terwujud,” harap Ustad Syafie.

Sementara itu, Ustazah Meutia, S.Pd, ketua panitia pelatihan yang dijumpai terpisah menyebutkan, pelatihan yang mengangkat tema “Menjadi Guru Transformatif untuk Penguatan Karakter Bangsa” diharapkan bisa menjadi pengetahuan baru bagi para guru-guru yang ikut terlibat.

“Pelatihan ini diikuti oleh 60 guru Sekolah Islam Terpadu di Aceh yang terdiri dari 30 guru tingkat SD/SMP dan 30 guru tingkat PG/TK. Harapannya, pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas masing-masing guru SIT yang tergabung dalam JSIT,” harap Ustazah Meutia.

Lebih lanjut, Ustazah Meutia yang juga kepala SDIT Azkiya Bireuen menyebutkan, pelatihan ini diselenggarakan oleh Yayasan Ar Risalah Aceh yang bekerjasama dengan JSIT wilayah Kabupaten Bireuen.

“Pelatihan ini terselenggara atas inisiatif Yayasan Ar Risalah Aceh dan JSIT wilayah Bireuen yang akan diselenggarakan selama 3 hari di dua tempat terpisah di TKIT Azkiya Bireuen dan kompleks SDIT, SMPIT Azkiya yang terbagi dalam dua sesi, tingkat PG/TK dan SD/SMP,” jelas Ustazah Meutia.

Baca juga: 60 Persen Produk Makanan dan Minuman Nestle Tak Sehat

Sebagai informasi, acara pembukaan pelatihan ini juga diisi dengan pembacaan surah dan doa yang dibacakan oleh Ahmad Zaki, siswa SMPIT Azkiya Bireuen. Disamping itu juga diiringan paduan suara yang dinyanyikan oleh Gema Voice Azkiya.

Dalam pembukan ini, hadir juga Ustad Teuku Akmal, ST, Ketua Yayasan Ar Risalah Aceh dan jajarannya, perwakilan pengurus JSIT Wilayah Aceh, pengurus JSIT Wilayah Bireuen serta sejumlah unsur undangan lainnya.