Fitur Mode Gelap WhatsApp Sudah Bisa Digunakan
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Fitur mode gelap WhatsApp akhirnya resmi dirilis untuk semua pengguna Android dan iOS (iPhone) di Indonesia. Kali ini fitur tersebut sudah bisa diakses oleh semua pengguna, tidak seperti sebelumnya yang hanya tersedia untuk pengguna beta saja.

Hal ini diumumkan WhatsApp lewat akun Twitter resmi mereka.


Pada versi beta, salah satu fitur di aplikasi WhatsApp ini tidak sepenuhnya menggunakan warna hitam. Akan tetapi mereka menggunakan warna abu-abu gelap.

Warna ini sengaja dipilih karena menurut hasil tes yang dilakukan WhatsApp, penggunaan warna hitam pekat dan putih malah menyebabkan kelelahan mata. Sehingga WhatsApp memilih skema warna yang lebih keabuan untuk mengurangi kecerahan layar dan agar lebih mudah dibaca pengguna.

Agar bisa mengaktifkan fitur mode gelap WhatsApp, pastikan aplikasi perpesanan yang digunakan di Android dan iOS pengguna sudah menggunakan versi terbaru. Di iOS, WhatsApp teranyar adalah versi 2.20.30. Sementara di Android, versi terbaru adalah 2.20.69.

Bagi pengguna Android 10 dan iOS 13, mode gelap WhatsApp bakal langsung aktif begitu pengaturan mode gelap diaktifkan di pengaturan sistem.

Bagi pengguna Android 9 dan versi yang lebih lawas, dark mode bisa diaktifkan secara manual dengan langkah-langkah berikut.
– Klik Setting (Pengaturan)
– Pilih Chat
– Pilih Theme (Tema)
– dan pilih Dark.

Saat dicoba, dark mode WhatsApp sudah tersedia untuk pengguna di Indonesia untuk pengguna iOS. Namun, pembaruan ini nampaknya belum menyambangi pengguna Android di Indonesia.

Juru bicara WhatsApp menyebut pembaruan ini akan diluncurkan secara bertahap dalam beberapa hari ke depan, seperti dilansir Gizmodo. Jadi kalau perangkat pengguna masih belum bisa menggunakan mode ini, cek pembaruan WhatsApp dalam beberapa hari mendatang.

Sebelumnya fitur dark mode WhatsApp hanya bisa digunakan oleh penguji beta aplikasi ini. Sehingga, tak semua pengguna bisa mencoba fitur anyar tersebut. Namun, saat ini kuota penguji beta WhatsApp sudah penuh.

Untuk diketahui, WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas (smartphone) dengan basic mirip BlackBerry Messenger. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya SMS, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet yang sama untuk email, browsing web, dan lain-lain.

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.