Dompet Digital Paling Ngetrend di Tahun 2019
Loading...

ACEHINSIDE.ID – Di tengah persaingan sengit pemain uang digital tanah air, Gopay tetap menjadi dompet digital yang paling banyak digunakan di tahun ini. Riset DailySocial yang bertajuk Fintech Report 2019 menemukan bahwa 83,3 persen pengguna menggunakan Gopay.

Hal tersebut seiring dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat untuk menggunakan layanan uang digital. Riset yang melibatkan 1.500 responden itu juga menemukan bahwa digital wallet menjadi kategori fintech paling populer yakni sebesar 82,7 persen.

Salah satu pengguna Gopay Raya Radiyanti mengaku telah menggunakan alat pembayaran digital Gopay untuk hampir semua layanan Gojek, tak hanya untuk transportasi yang dipakainya sehari-hari, tapi juga banyak hal lain karena dirasa cepat dan praktis.

“Selain untuk bayar layanan aplikasi, Gopay juga sekarang sudah bisa dipakai untuk bayar di mana-mana. Semuanya jadi lebih mudah,” ujar Raya sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com

Berdasar riset DailySocial, alasan terbanyak responden memilih menggunakan dompet digital karena responden percaya dengan produknya (81,6 persen). Kedua, karena sesuai dengan kebutuhan (72,2 persen), dan bermanfaat (72,9 persen).

Selain itu, responden juga menilai dompet ini mudah untuk digunakan dan menghemat waktu, dengan persentase masing-masing sebesar 66,2 persen dan 32,8 persen.

Berdasarkan data internal, sejak awal Gopay memang tidak hanya fokus melayani masyarakat di kota besar. Gopay yang dapat digunakan di lebih dari 420 ribu merchant itu, 90 persen di antaranya tersebar di 390 kota/kabupaten di Indonesia.

Baca juga: Aplikasi Konsultasi Dokter Online Gratis dan Terbaik

Merchant Gopay merupakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) termasuk pedagang kaki lima, kantin, pedagang di pasar hingga warung kelontong.

Tak hanya itu, Gopay juga dapat digunakan untuk pembayaran surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan surat izin mengemudi (SIM) di kota-kota seperti di Gresik, Samarinda, Surabaya, dan Sidoarjo. Kemudian untuk donasi digital di lebih dari 400 masjid dan yayasan.

Sebagai informasi, dompet digital disebut juga dompet elektronik memungkinkan para pengguna untuk melakukan transaksi jual-beli elektronik secara cepat dan aman. Dompet elektronik berfungsi hampir sama dengan dompet saku.

Dompet elektronik pertama kalinya diakui sebagai sebuah metode untuk menyimpan uang dalam bentuk elektronik, namun kemudian menjadi populer karena cocok untuk menyediakan cara yang nyaman bagi pengguna Internet untuk menyimpan dan menggunakan informasi berbelanja secara daring (online).

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia, Dompet Elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here