Diet Sehat tanpa Nasi Putih
Loading...

ACEHINSIDE.IDDiet sehat tanpa nasi putih adalah salah satu jenis diet yang berat bagi sebagian besar orang Indonesia. Hal ini lebih dilatar belakangi karena perut orang kita merasa tidak kenyang jika tidak mengkonsumsi nasi.

Namun, untuk menunjang program penurunan badan secara cepat, diet jenis ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan. Selain jenis diet ini, masih ada jenis lain yang mengurangi konsumsi karbohidrat. Misalnya diet keto.

Sebagaimana ditulis di cnnindonesia.com, diet jenis ini tak melulu mengejar turunnya berat badan, tapi juga tubuh yang bugar. Agar tak jatuh sakit, ada beberapa tips yang bisa Anda coba seraya menjalani diet sehat tanpa nasi putih ini.

1. Usahakan Konsumsi Karbohidrat Kompleks
Mengeliminasi nasi tapi masih mengonsumsi roti atau pasta sama saja bohong. Proses pengolahan beras putih, pasta, dan roti menghilangkan vitamin, mineral, dan serat pada biji-bijian.

Makanan dengan karbohidrat olahan mengandung indeks glikemik yang tinggi. Nilai indeks glikemik menggambarkan betapa cepat makanan bisa menaikkan kadar gula darah.

2. Perhatikan asupan kalori
Diet jenis ini menghilangkan nasi dari piring. Namun, bukan berarti kalori yang masuk ke tubuh juga turut berkurang. Saat diet sehat tanpa nasi putih, pastikan asupan kalori tetap cukup. Setiap orang umumnya membutuhkan sebanyak 2 ribu kalori harian.

Mengutip Live Strong, seorang wanita minimal mendapatkan asupan 1.200 kalori, sementara 1.500 kalori untuk pria per hari. Sedikit kalori hanya akan membuat tubuh kekurangan nutrisi dan memperlambat metabolisme.

3. Pilih ‘nasi’ alternatif
Diet sehat tanpa nasi putih bukan berarti Anda menghilangkan karbohidrat dari daftar asupan harian. Anda perlu mencari alternatif pengganti nasi. Anda bisa mencoba nasi kembang kol. Kembang kol dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai nasi. Secangkir nasi kembang kol mengandung 4 gram karbohidrat.

Sebagai pilihan lain, Anda juga bisa membuat nasi brokoli. Cara menikmatinya pun bisa dipadu dengan lauk pauk dan sayur.

4. Perbanyak Serat
Memperbanyak konsumsi serat bisa membantu diet jenis apapun. Buah-buahan dan sayuran kaya akan kandungan serat. Serat membuat perut terasa lebih kenyang dan memperlancar pencernaan.

Sensasi kenyang antara asupan karbohidrat dan serat tentu berbeda. Jika ingin kenyang dengan serat, maka wanita disarankan mengonsumsi serat sebanyak 21–25 gram, sedangkan pria sebaiknya sebanyak 30–38 gram.

5. Olahraga
Tak ada artinya jika diet dilakoni tanpa olahraga. Diet sehat tanpa nasi putih pun tetap menyarankan Anda untuk berolahraga. Mulai dengan olahraga ringan dan sederhana seperti lari atau berjalan kaki. Peregangan juga bisa dilakukan di mana pun tanpa perlu area yang luas. Sisihkan beberapa menit per hari agar badan tetap bugar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here