Cegah Pilek dan Batuk
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Pilek dan batuk bisa membuyarkan berbagai rencana penting yang sudah disusun dengan matang. Tak hanya itu, kedua kondisi ini juga dapat memunculkan perasaan tak nyaman sepanjang waktu.

Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tidak mudah terkena pilek dan batuk. Salah satunya dengan menjaga pola makan yang sehat.

Baca juga: Barcelona di Ambang Kehancuran, Messi Kirim Pesan Misterius

Selain itu, beberapa hal yang umum untuk membantu mencegah terjadinya batuk dan pilek. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir Times Now News.

1. Air putih

Hidrasi tubuh harus terjaga, baik di saat cuaca panas maupun dingin. Minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga hidrasi tubuh tetap optimal.

Selain menjaga hidrasi, banyak minum air putih juga dapat membantu mengeluarkan toksin-toksin dari tubuh. Asupan air putih yang cukup juga turut menunjang kesehatan dan imuniras tubuh.

2. Uap

Biasakan untuk menghirup uap satu atau dua kali seminggu. Menghirup uap dapat membantu membersihkan hidup dan saluran pernapasan sehingga pilek dan hidung tersumbat bisa dicegah.

3. Makanan yang berkhasiat

Pola makan yang seimbang merupakan salah satu kunci bagi tubuh hang sehat. Coba untuk menambahkan makanan-makanan yang diketahui memiliki manfaat kesehatan ke dalam pola makan sehari-hari.

Kunyit, misalnya, dapat membantu menjaga kesehatan sehingga seseorang tidak mudah jatuh sakit. Kunyit bisa dikreasikan dalam berbagai sajian makanan atau minuman, misalnya susu hangat dengan campuran kunyit.

Baca juga: Alumni Program Kartu Prakerja Diklaim Punya Pekerjaan Baru

Contoh makanan lain yang dapat menunjang kesehatan adalah madu. Madu bisa dikonsimsi secara langsung atau dicampurkan ke dalam air hangat.

4. Rempah

Ada beragam rempah yang diketahui dapat menurunkan inflamasi. Rempah-rempah ini juga dapat membantu mencegah pilek. Beberapa rempah tersebut adalah jahe, kunyit, kayu manis, bawang putih, lada, dan cengkeh.

5. Istirahat

Jangan terlalu memaksakan tubuh untuk beraktivitas. Hal ini dapat membuat tubuh jadi lebih mudah sakit. Karena itu, penting meluangkan waktu untuk beristirahat dengan benar. Pastikan juga selalu mendapatkan tidur malam yang cukup setiap hari.