Cara Registrasi Kartu Telkomsel

ACEHINSIDE.ID – Cara registrasi kartu Telkomsel dengan cepat dan mudah bisa dilakukan dengan dua metode, pertama melalui SMS yang dikirim ke 4444 dan kedua melalui site resmi provider telkomsel. Sebelum mengulas lebih jauh, sedikit informasi bahwa pendaftaran kartu perdana merupakan kewajiban setiap pengguna.

Amanat tersebut dituangkan dalam Peraturan Menkominfo No. 12/2016 yang menyebut bahwa pemerintah mewajibkan semua calon pelanggan dan pelanggan lama kartu prabayar untuk melakukan registrasi. Bagi pengguna kartu Telkomsel, ada dua cara registrasi kartu Telkomsel dengan mudah.

Baca juga: Cara Cek Kuota Telkomsel dengan Mudah dan Praktis

Dilansir dari laman resmi Telkomsel, untuk meregistrasi kartu pengguna harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdiri atas enam belas digit dan Nomor Kartu Keluarga (KK) yang terdiri dari enam belas digit, di mana keduanya telah terdaftar di Dukcapil.

1. Melalui SMS

Calon pelanggan Telkomsel
Untuk registrasi kartu bagi calon pelanggan, ketik SMS dengan format REGNIK#Nomor KK# dan kirimkan ke 4444. Sebagai contoh, REG 1234567891234567#3212345678987654#

Pelanggan lama Telkomsel
Bagi pengguna lama Telkomsel, ketik SMS dengan format ULANGNIK#Nomor KK# dan kirimkan ke 4444. Sebagai contoh, ULANG 1234567891234567#3212345678987654#

2. Melalui Site Resmi

Sudah pernah berkunjung ke website resmi telkomsel? Ya, cara registrasi nomor Telkomsel yang kedua adalah dengan melalui website resmi Tekomsel. Jika kamu memilih melakukan pendaftaran nomor dengan cara ini, maka yang paling pertama harus dilakukan adalah kamu harus mengunjungi situs https://www.telkomsel.com/.

Selanjutnya, setelah kamu berhasil masuk ke dalam situs resmi tersebut, maka menu yang dipilih adalah daftar ulang prepaid. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi nomor Telkomsel yang kamu gunakan, nama, nomor kartu keluarga, serta nomor KTP.

Setelah kamu berhasil mengisi semua data yang diminta dengan benar, maka telitilah sekali lagi agar data yang kamu masukkan benar-benar tidak salah ketik. Terakhir, tekan ‘OK’ lalu akan muncul beberapa syarat dan ketentuan dari pengisian data tersebut. Tekan opsi ‘Setuju’ lalu kamu telah berhasil melakukan registrasi nomor telkomsel melalui website resmi Telkomsel.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Terbukti Membayar

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara registrasi kartu telkomsel yang ditawarkan? Setelah dilihat, mungkin kamu akan memilih cara yang pertama karena cenderung cepat dan tanpa biaya. Akan tetapi jika telepon genggam kamu dalam kondisi mati, maka kamu masih bisa menggunakan cara yang kedua yakni dengan melalui website resmi Telkomsel.

Peraturan tentang kewajiban untuk registrasi nomor telepon itu sendiri memang baru dilaksanakan pada tahun 2016 akhir atau 2017 awal. Meski terkesan sedikit repot karena bila tidak melakukan hal ini maka kamu tidak akan bisa melakukan berbagai kegiatan komunikasi, namun sebenarnya hal ini ditujukan untuk kebaikan konsumen.

Ya, pemerintah membuat peraturan ini antara lain adalah untuk melindungi konsumen, serta memudahkan penyedia layanan operator telepon seluler untuk melakukan transaksi online dengan aman dan nyaman.

Selain itu, pemerintah juga akan lebih mudah menindak penyalahgunaan nomor yang akhir-akhir ini kasus penyalahgunaan atau pencatutan nomor banyak terjadi. Dengan langkah ini, diharapkan kedepannya dunia telekomunikasi dalam negeri lebih aman dan makin berkembang dalam hal fitur dan pelayanannya!