Cara Pedicure di Rumah Sendiri
Loading...

ACEHINSIDE.ID – Cara pedicure di rumah sendiri tidaklah sesulit yang dibayangkan. Sudah banyak orang yang bisa melakukannya tanpa perlu repot harus ke salon yang menghabiskan banyak uang.

Selama ini, pedicure masih dianggap kurang perlu oleh sebagian orang. Padahal, selain tubuh dan wajah, kaki juga menjadi bagian yang tak boleh luput dari perawatan agar terlihat bersih dan sehat.

Diakui ataupun tidak, kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang mempengaruhi tampilan seorang, terlebih seorang perempuan. Pepatah mengatakan, kaki yang terawat merupakan tanda dari wanita yang percaya diri.

Sebagai informasi, pedicure adalah rangkaian perawatan jari-jari kaki yang diutamakan untuk memperbaiki kondisi kuku yang kurang indah, seperti kusam, kuning, dan kapalan.

Jika tidak memiliki waktu luang untuk pergi ke salon, Anda bisa melakukannya di rumah. Berikut cara pedicure di rumah sendiri untuk perawatan kaki agar terlihat cantik dan sehat.

1. Bersihkan dan rapikan kuku
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan cat atau kotoran yang menempel dengan menggunakan pembersih dan kapas. Gunting kuku dan bersihkan kotoran yang ada di sela-sela kuku.

Selanjutnya, kikir kuku sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan. Hindari mengikir kuku dengan gerakan maju-mundur di ujung kuku, karena hal ini bisa membuat kuku lemah.

2. Rendam kaki
Berikutnya cara pedicure di rumah sendiri adalah merendam kaki dengan air hangat. Merendam kaki membantu merelaksasi diri setelah lelah beraktivitas. Isi sebuah wadah dengan air hangat, lalu tambahkan satu sendok teh garam.

3. Angkat kulit mati
Kulit mati yang kering dan kasar akan mengeras jika dibiarkan. Bahkan, hal ini juga bisa menyebabkan kulit kaki pecah-pecah hingga infeksi. Pijat kuku kaki dengan krim kutikula.

Krim kutikula akan membantu melembutkan kulit mati sehingga lebih mudah untuk diangkat. Gosok kulit kaki Anda dengan batu apung untuk mengangkat kulit mati secara maksimal.

Selanjutnya, bersihkan kutikula dengan bantuan krim dan pendorong kutikula. Hal ini perlu dilakukan untuk membantu kuku tumbuh dengan lebih baik dan sehat.

Terakhir, gunakan scrub untuk mengeksfoliasi kulit kaki. Pastikan untuk menggosok seluruh bagian kaki, mulai dari tumit, telapak, area di antara jari-jari kaki, hingga sisi kaki. Setelah itu, bersihkan kaki dengan air bersih.

4. Gunakan pelembab
Setelah bersih, jangan lupa untuk melembapkan kaki dengan krim atau losion. Sambil mengaplikasikan pelembap, Anda juga bisa memijat kaki hingga betis selama sekitar 10 menit untuk merangsang ujung saraf dan meningkatkan sirkulasi darah.

Untuk memberi sensasi seperti di tempat spa, pijat kaki dengan campuran minyak almond dan zaitun. Tambahkan juga minyak esensial favorit Anda untuk mendapat aroma yang menenangkan.

Jika Anda memiliki kulit kaki pecah-pecah, cobalah oleskan campuran Vaseline dan sari jeruk nipis pada kaki. Kemudian bungkus kaki dengan plastik dan kaos kaki selama semalaman. Keesokan paginya kaki akan lebih halus.

5. Percantik kuku
Agar semakin terlihat indah, oleskan cat kuku dengan warna yang Anda inginkan. Oleskan base coat terlebih dahulu sebagai pembatas antara kuku dan cat kuku. Setelah mengering, baru lah Anda bisa mengoleskan cat kuku pilihan Anda.

Sebagai sentuhan akhir, aplikasikan top coat yang akan menjaga cat kuku Anda bertahan lebih lama. Demikianlah rangkaian cara pedicure di rumah sendiri tanpa ribet dan mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here