Cara Menghilangkan Rasa Kantuk
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Ada banyak solusi yang bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan rasa kantuk pada saat bekerja. Salah satunya adalah menyeruput kopi. Namun, minum terlalu banyak si hitam ini juga tidak baik untuk kesehatan.

Untuk itu, perlu mencari cara menghilangkan rasa kantuk pada saat bekerja yang lain agar aktivitas Anda terus bisa dilaksanakan secara maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

  • Bergerak
Mengatasi Kantuk dengan Bergerak
Ilustrasi

Sebaiknya jangan ikuti keinginan mata untuk terpejam. Ajak tubuh bergerak dengan keluar dari ruangan, berjalan-jalan sebentar, atau sekadar menyapa teman di seberang meja.

“Anda mungkin merasa bersalah karena menghabiskan beberapa menit keluar dari meja, tetapi Anda bakal lebih produktif saat Anda kembali dalam kondisi lebih segar,” kata ahli kesehatan Kimberly Petrosino, mengutip dari Bustle.

  • Tambah Asupan Air
Menghilangkan Rasa Kantuk dengan Minum
Ilustrasi

Kurang asupan cairan bisa membuat Anda kurang fokus dan kurang segar. Sebuah analisis yang diterbitkan di Physiological Reports menunjukkan hubungan antara dehidrasi akibat olahraga dan penurunan performa fisik serta penglihatan.

Petrosino menyarankan untuk selalu menyediakan botol minum yang bisa Anda isi ulang kapan pun.

  • Makan Camilan
Mengatasi Kantuk dengan Camilan
Ilustrasi

Rasa lelah bisa muncul karena Anda sebenarnya merasa lapar. Sebaiknya pilih makanan ringan yang tidak terlalu tinggi kalori agar tidak mengganggu makan besar Anda. Sediakan camilan di sela sarapan dan makan siang, juga di sela makan siang dan makan malam.

Baca juga: Serundeng Rindu, Cemilan Kekinian Murah Meriah

Mengutip dari Medical News Today, usahakan menyediakan makanan ringan yang mengenyangkan sekaligus memberikan energi lebih seperti kacang-kacangan, granola, telur rebus, yogurt, atau potongan buah segar.

  • Secangkir Kafein
Mengatasi Kantuk dengan Kopi
Ilustrasi

Anda bisa mengandalkan kafein sebagai stimulan agar tetap melek seharian. Tak harus selalu kopi. Buat sebagian orang yang memiliki toleransi rendah pada kafein tetapi tetap ingin memberikan sedikit ‘tendangan’ untuk menghadapi hari disarankan untuk minum secangkir teh.

Baca juga: Pegawai di Aceh Dilarang Nongkrong di Warung Kopi Selama New Normal

Untuk memperoleh efek stimulasi, coba seduh teh hijau atau teh hitam. Stimulasinya tidak akan sekuat kafein pada kopi, tetapi bisa menambah energi sepanjang hari dengan perlahan.

  • Tidur Siang Singkat
Tidur Siang
Ilustrasi

Quick nap alias tidur siang singkat membantu tubuh tetap berenergi dan segar, apalagi jika Anda bakal melalui sif malam yang panjang. Ambil waktu sekitar 10-20 menit selama jam makan siang. Pasang alarm agar Anda tidak terlalu lama tidur atau quick nap malah membuat Anda makin lemas.

  • Hirup Aroma Tajam
Cara Menghilangkan Rasa Kantuk dengan Hirup Aroma Tajam
Ilustrasi

Cara cepat untuk membuat Anda terjaga adalah dengan menghirup aroma atau wewangian tertentu. Sediakan minyak esensial dengan wangi kayu putih, peppermint, bergamot, lemon, atau wewangian jenis sitrus yang segar lain.

Aroma seduhan kopi yang baru digiling juga bisa membuat orang melek dan membangkitkan kewaspadaan. Cukup dengan menghirup aromanya, Anda bisa memperoleh efek mirip dengan saat meminum kopi.

  • Beri Pijatan
Beri Pijatan
Ilustrasi

Ahli kesehatan holistik, Sarah Jacobs mengatakan, memijat diri sendiri mampu melancarkan peredaran darah dan menstimulasi sistem saraf yang akan membuat segar kembali.

“Menggosok bagian belakang leher Anda sendiri dan di kulit kepala dapat memberikan sentakan energi, serta bantalan antara ibu jari dan jari telunjuk dan telinga Anda,” kata Jacobs.