Cara Menghilangkan Mata Panda
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Tidur yang cukup merupakan salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat. Selain itu, masih ada beberapa kiat lain yang bisa dilakukan untuk menyamarkan lingkaran hitam pada mata. Tentrunya semua yang kami tulis di sini merupakan tips-tips alami tanpa efek samping..

Namun sebelum menuliskan satu persatu kiat-kiat alami tersebut, perlu digaris bawahi ada beberapa alasan kenapa mata panda bisa muncul pada seseorang yang tentunya berpengaruh terhadap kecantikan.

  • Kurang tidur. Orang yang kurang tidur akan mengakibatkan memiliki lingkar hitam di bawah mata. Hal ini disebabkan darah tidak mengalir dengan baik. Sehingga darah terkumpul di bawah mata dan terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis.
  • Faktor usia. Dengan bertambahnya usia, kulit akan menjadi tipis dan kehilangan elastisitasnya.
  • Genetik. Genetik juga dapat menjadi penyebab mata panda. Selain itu, orang dengan kulit yang lebih gelap cenderung berisiko mengalami mata panda.
  • Dehidrasi. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab mata panda. Ketika tubuh kekurangan air, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.
  • Alergi. Reaksi alergi dan mata kering dapat memicu lingkaran hitam. Ketika mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin sebagai respons terhadap pemicu alergi. Histamin dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menjadi lebih terlihat, termasuk yang berada di bawah mata.
  • Terlalu lama menatap layar. Terlalu lama menatap layar televisi, komputer, atau smartphone akan mengakibatkan ketegangan di area mata. Ketegangan ini menjadikan pembuluh darah di sekitar mata membesar. Akibatnya, kulit di sekitar mata menjadi gelap.
  • Kebiasaan merokok dan minum alkohol. Tidak dimungkiri bahwa kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol dapat mengakibatkan mata panda. hal ini karena tumpukan cairan di dalam tubuh dan aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar, sehingga berujung pada gelapnya area mata.
  • Terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

Demikianlah beberapa hal yang menyebabkan lingkaran pada mata dapat terjadi. Untuk menghindari munculnya mata panda, beberapa penyebab yang kami uraikan di atas hendaknya harus diperhatikan.

Baca juga: Samsung M21, Spesifikasi dan Harga Terbaru di Indonesia

Namun jika terlanjur muncul lingkaran hitam ini, berikut cara menghilangkan mata panda secara alami dan cepat sebagaimana dikutip dari fimela.com

  • Menggunakan Kunyit

Kandungan dari kunyit yang berupa antibakteri dan mampu mencerahkan kulit nyatanya memang sangat membantu dalam usahanya menghilangkan lingkaran hitam pada mata. Caranya mudah, hanya perlu mencampurkan kunyit dan minyak almond kemudian dioleskan pada bawah mata. Cukup dua kali seminggu maka mata panda akan berangsur hilang.

  • Menggunakan Teh Hijau

Menggunakan teh hijau merupakan salah satu cara yang sudah banyak diketahui. Gunakan dua kantong teh bekas kamu minum dan masukkan ke dalam freezer. Kemudian tempelkan di masing-masing mata. Kandungan tannin dan astringent properties akan membantu mencegah pelebaran pembuluh darah di bawah mata.

  • Menggunakan Mentimun

Mentimun cocok untuk orang berkulit sensitif. Kamu hanya perlu mengiris dan langsung taruh di bawah mata. Timun mengandung banyak antioksidan yang dapat mengobati lingkaran hitam dan memberikan kelembaban kulit.

  • Menggunakan Tomat

Jangan salah, tomat terbukti ampuh sebagai bahan untuk menyamarkan mata panda lantaran memiliki kandungan asam sitrat yang ringan dan lembut. Cukup letakkan irisan tomat di bawah mata hingga meresap. Setelah selesai, bersihkan dengan menggunakan air dingin.

  • Menggunakan Air Lemon

Lemon adalah zat pemutif alami kuat, ini juga berhasil mencerahkan kulit bawah mata. Peras setengah lemon dan gunakan bola kapas untuk diaplikasikan ke mata. Biarkan mengering lalu bersihkan.

Baca juga: Seva.id Pilihan Expert, Solusi Terbaik Mobil Bekas

  • Menggunakan Kentang

Parutlah kentang dan gunakan bola kapas untuk menerapkan ke kantung mata. Setelah kering, bersihkan. Lakukan dalam dua kali seminggu. Kentang sangat kaya akan pati, enzim dan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit.