Techno Tutorial Cara Mengetahui Whatsapp Disadap atau Tidak

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap atau Tidak

-

- Advertisment -

ACEHINSIDE.ID – Bagaimana cara mengetahui Whatsapp disadap atau tidak merupakan satu hal yang lumrah dan wajib diketahui oleh pengguna aplikasi kirim pesan paling populer di dunia. Sebagai informasi, pengguna WhatsApp sudah mencapai 1,5 miliar orang lebih per harinya.

Karena banyak sekali pengguna, bahkan banyak orang berpengaruh menggunakannya sehingga wajar banyak pihak yang membuat aplikasi jahat dengan tujuan menyadap komunikasi pribadi di WhatsApp, walaupun WhatsApp sudah berstatus enkripsi end-to-end.

- Advertisement -

Untuk menghindari WhatsApp kita disadap orang orang lain, perlu bagi kita untuk faham atau mengerti tentang cara mengetahui Whatsapp disadap atau tidak. Hal ini bertujuan agar kita mampu menghindari upaya-upaya yang dilakukan oleh orang jahat untuk menyadap komunikasi kita melalui aplikasi ini.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Keren di Whatsapp tanpa Aplikasi

1. Pengguna Tidak Bisa Login
Karena satu nomor handphone hanya bisa dipakai untuk satu WhatsApp (single-device login), maka apabila mendadak WhatsApp kamu keluar (logout) sendiri dari aplikasi WhatsApp tanpa disengaja, maka kemungkinan ada yang sedang menggunakan nomor kamu.

Padahal agar dapat login di aplikasi WhatsApp, kita perlu melakukan verifikasi kode OTP (one time password) yang dikirim ke nomor yang terhubung. Untuk itulah jangan sampai memberikan kode OTP kepada siapapun. Hal ini juga bisa terjadi jika nomor handphone kamu sudah digandakan.

2. Tidak Bisa Melakukan Telfon via WhatsApp
Ketika kamu tidak bisa menelpon via WhatsApp, bisa jadi ini menjadi tanda bahwa WhatsApp sudah disadap. Tetapi sebelum itu, coba cek koneksi internet terlebih dahulu.

3. Cek WhatsApp Web
WhatsApp Web adalah fitur yang dapat digunakan oleh pengguna agar bisa memakai WhatsApp via Browser / Aplikasi di komputer. Fitur ini sangat rawan bagi pengguna komputer karena WhatsApp bisa digunakan sekaligus di WhatsApp smartphone dan WhatsApp komputer.

Baca juga: Aplikasi Pinjaman Online untuk Nelayan dari BNI Persero

Kamu bisa cek di bagian Setting atau Pengaturan di aplikasi WhatsApp, lalu klik WhatsApp Web. Jika terdapat info bahwa WhatsApp kamu login di perangkat lain dan itu bukan kamu, maka sebaiknya langsung keluar (logout) dari perangkat tersebut.

4. Pesan Terbaca Padahal Kamu Tidak Buka
Hal lain yang menjadi tanda jika WhatsApp sudah disadap yaitu pesan yang masuk di WhatsApp kamu terbaca sendiri, padahal kamu tidak membukanya. Biasanya tanda pesan masuk yang sudah terbaca berupa tanda centang dua berwarna biru.

Tetapi kadang tanda centang dua berwarna biru dimatikan, maka kamu bisa melihatnya dengan melihat apakah notifikasi angka di setiap obrolan masih ada / sudah hilang. Saat kamu belum membuka pesan dari seseorang tetapi notifikasi angka sudah hilang, kemungkinan ada yang menyadap WhatsApp kamu.

5. Kirim Pesan Tanpa Kamu Sendiri
Ketika kamu pernah mengalami mengirim pesan ke seseorang tetapi bukan kamu yang melakukannya. Kemungkinan WhatsApp yang kamu gunakan sudah dipakai juga oleh orang lain.

6. Baterai Cepat Habis
Apa hubungannya baterai cepat habis dengan WhatsApp yang disadap? Hal ini menjadi masuk akan apabila kamu jarang membuka aplikasi WhatsApp dan aplikasi lain tetapi ternyata aplikasi yang ada di smartphone terus bekerja dengan sendirinya.

Itulah sedikit trik mengetahui apakah aplikasi Whatsapp yang kamu gunakan disadap atau tidak. Lantas bagaimana cara menghindari WhatsApp disadap? Perlu diketahui, sebenarnya pihak WhatsApp sudah memberikan keamanan yang cukup pada aplikasinya.

Baca juga: Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris 2020 yang Layak Dicoba

Sehingga akun para penggunannya tidak mudah disadap oleh orang lain. Akan tetapi jika WhatsApp bisa disadap, itu bisa terjadi karena kesalahan dari pengguna WhatsApp sendiri. Salah satu cara menghindari WhatsApp disadap yaitu dengan Mengaktifkan Fingerprint Lock WhatsApp

Cara mengaktifkan fitur fingerprint lock WhatsApp cukup gampang, berikut panduannya:

  1. Buka menu “Privacy” yang bisa diakses di dalam menu “Account” pada halaman pengaturan WhatsApp.
  2. Setelah masuk ke halaman “Privacy”, pilih menu “Fingerprint lock” dan aktifkan opsi “Unlock with fingerprint“

Dan biasanya pengguna WhatsApp Mod yang tidak rutin memperbarui aplikasinya lebih besar kemungkinan terkena sadap.

- Advertisement -
Baihaqi
Hanya manusia biasa yang saban hari bekerja mencari nafkah untuk keluarga. Minum kopi menjadi rutinitas.

Terbaru

Cara Mengubah Nama Facebook Mudah dan Cepat

ACEHINSIDE.ID - Cara mengubah nama facebook bisa dilakukan melalui pc atau laptop dan juga melalui smartphone. Selain nama, beberapa...

Tekan Penyebaran Covid-19 di Aceh, Pemerintah Disarankan Terapkan PSBB

ACEHINSIDE.ID - Pemerintah Aceh Disarankan terapkan PSBB untuk tekan penyebaran Covid-19. Demikian rekomendasi yang disampaikan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)...

Cara Ganti Password Instagram Terbaru dan Mudah

ACEHINSIDE.ID - Cara ganti password Instagram sangat mudah dilakukan. Hanya butuh beberapa langkah, kata kunci media sosial paling populer...

Redmi 9A Resmi Dirilis di Indonesia, Cek Harga dan Speknya

ACEHINSIDE.ID - Redmi 9A hadir dengan desain yang segar, agak berbeda dari generasi sebelumnya yaitu Redmi 8A. Di generasi...
- Advertisement -

Pengumuman SBMPTN 2020 Terbaru, Berikut Linknya

ACEHINSIDE.ID - LTMPT sebagai penyelenggara Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan merilis pengumuman SBMPTN 2020 terbaru. Sejumlah...

Resiko Pinjaman Online Jika Tidak Bayar, Wajib Tau

ACEHINSIDE.ID - Kredit online memungkin siapa saja untuk mendapatkan dana cepat melalui proses yang mudah. Namun, dibalik itu semua,...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you