Cara Membuat Youtube Channel Menghasilkan Uang
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Mumpung sedang menjalani masa-masa di rumah saja, yuks belajar cara membuat youtube channel menghasilkan uang. Bukan saja bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, tapi tutorial ini bisa menjadi tips baru untuk mendapatkan uang di internet.

Dikutip dari wikipedia, YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Baca juga: Kena Imbas Pandemi, Ini Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube.

Lantas bagaimana cara membuat youtube channel yang menghasilkan uang? Berikut panduannya.

Cara membuat channel youtube dari komputer:

Hal pertama yang harus kamu siapkan dalam cara membuat channel YouTube adalah akun Google. Karena YouTube terintegrasi dengan Google, maka kamu harus memiliki akun Google untuk dapat masuk dan mengupload video. Berikut cara membuat channel YouTube dari PC menggunakan akun Google.

  1. Buka situs https://www.youtube.com/ di browsermu.
  2. Klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Googlemu.
  3. Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik akunmu.
  4. Pilih opsi Buat Channel atau Create Channel.
  5. Setelah itu akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom. Pilih nama kustom agar kamu bisa menentukan nama Channel YouTubemu sendiri.
  6. Setelah itu masukkan nama channel yang ingin kamu buat, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.
  7. Channel YouTube sudah berhasil dibuat.
  8. Kamu bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.
  9. Setelah semuanya selesai kamu bisa mulai mengunggah video kreatifmu.

Cara membuat channel youtube dari smartphone:

  1. Buka aplikasi YouTube pada ponselmu.
  2. Jika menggunakan ponsel Android, biasanya akun Google sudah terintegrasi di aplikasi YouTube. Pilih ikon akun di pojok kanan atas.
  3. Pilih opsi Your Channel. Setelah itu akan muncul pop-up untuk mengisi nama channel.
  4. Isi nama channel sesuai keinginanmu.
  5. Klik Create Channel.
  6. Channel YouTube sudah berhasil dibuat. Ubah foto profil, deskripsi channel, dan kamu juga bisa memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

Setelah berhasil membuat channel, berikut panduan menghasilkan uang dari youtube:

Satu hal yang perlu kamu lakukan adalah mengaktifkan YouTube Adsense. Caranya, kamu perlu masuk ke channel YouTube yang telah kamu buat, selanjutnya masuk ke laman ‘Setting’ untuk mengakses ‘YouTube Studio’ di ‘Icon Profile’.

Baca juga: Dukung Proses Belajar dari Rumah, Advan Rilis Tab 8elajar

Pada laman ini, kamu dapat langsung mengaktifkan YouTube Adsense pada bagian channel dan ‘Monetization’. Secara otomatis, kamu akan dibawa ke laman YouTube Partner Program untuk mendaftar YouTube Adsense.

Step selanjutnya, kamu harus menyetujui berbagai ketentuan dan persetujuan dari YouTube. Jika menerima, kamu bisa memilih ‘I accept’.

Langkah berikutnya adalah menghubungkan channel YouTube dengan YouTube Adsense. Beberapa ketentuan perlu kamu isi sebelum kemudian membuat akun YouTube Adsense melalui channel YouTube milik kamu.

Selanjutnya, pada tahap yang begitu penting, jangan lupa untuk memasukan alamat dengan benar karena berguna untuk pengiriman kode verifikasi saat saldo YouTube Adsense kamu sudah cukup untuk dicairkan.

Tahap selanjutnya adalah mengatur pilihan monetisasi, hal ini perlu kamu lakukan untuk penempatan iklan yang akan tampil di konten kamu. Perlu diingat, penempatan masing-masing iklan berpengaruh pada pendapatan yang kamu peroleh ya.

Baca juga: Game yang Menghasilkan Uang Terbukti Membayar Tahun 2020

Cukup mudah, jika semua tahapan telah kamu lakukan, maka kamu sudah berhasil mendaftar YouTube Adsense. Langkah selanjutnya hanya perlu menunggu informasi pengajuan.

Sambil menunggu persetujuan YouTube Adsense, fokus membuat konten menarik untuk mendapat 4.000 jam tayang dan 1.000 subscriber dalam waktu yang cepat ya.

Itu tadi cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mengaktifkan YouTube Adsense. Selamat mencoba.