Beranda Finance Masih Dibuka, Berikut Cara Daftar Bantuan UMKM dari Pemerintah Tahun 2020

Masih Dibuka, Berikut Cara Daftar Bantuan UMKM dari Pemerintah Tahun 2020

1
cara daftar bantuan UMKM dari Pemerintah
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Info terbaru bagi pelaku UMKM di Kabupaten Bireuen. Pemerintah pusat melalui Pemerintah Kabupaten Bireuen membuka kembali bantuan dana untuk Usaha Mikro Kecil Menengah tahap kedua yang terdampak geliat ekonominya gara-gara Covid-19.

Bantuan produktif usaha mikro terdampak Covid-19 program pemulihan ekonomi dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Baca juga: Cara Beli Pertamax Pakai MyPertamina, Lebih Murah dan Hemat

Terkait syarat dan cara daftar bantuan UMKM dari Pemerintah 2020 terbaru di Kabupaten Bireuen ada warga Bireuen dibuktikan dengan KTP, pelaku usaha mikro yang belum menerima bantuan Bantuan Produktif Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) dan belum pernah mendaftar sebagai calon penerima BPUM).

Kemudian memiliki usaha yang masuk usaha mikro dengan aset di bawah Rp 50 juta dan omset Rp 300 juta/tahun. Jika memiliki rekening bank saldo kurang dari 2 juta, tidak sedang menerima kredit program pembiayaan dari perbankan, terakhir bukan ASN, TNI, Polri serta pegawai BUMN dan BUMD.

Bila memenuhi syarat tersebut sebagaimana tersebut di atas, silahkan mendaftar dengan syarat foto copy KTP, KK, surat keterangan usaha dan kepala desa dan foto tempat usaha beserta pelaku usaha.

Pendaftaran dibuka secara manual yaitu mendaftar di Kantor Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Bireuen, komplek Kantor Pusat Pemerintahan Bireuen dengan syarat lainnya mengikuti protokol kesehatan dan melihat jadwal pendaftaran masing-masing kecamatan.

Alie Basyah sebagaimana diberitakan aceh.tribunnews.com mengatakan, dibuka secara manual untuk mengantisipasi mungkin banyak pemilik UMKM di desa susah untuk mendaftar secara online maka dibuka secara manual.

Jadwal pendaftaran dan cara daftar bantuan UMKM dari Pemerintah dibuka secara manual dimulai Kamis (15/10/2020) mulai pukul 08.30 WIB – 12.30 WIB, siang pukul 14.00 – 16.30 WIB.

Baca juga: Menghasilkan Pendapatan dengan Memanfaatkan Internet di Masa COVID-19

Menghindari berdesak-desakan dan mengikuti protokol kesehatan maka, dinas mengatur jadwal pendaftaran sebagai berikut pada petugas masing-masing yang telah ditunjuk dapat dilihat pada papan pengumuman di kantor tersebut.

“Jadwal tersebut sebagai pedoman awal dan jadwal pendaftaran akan diperpanjang bila masih banyak peminat belum mendaftar pada jadwal pertama,” ujar Alie Basyah

  • Kamis 15 Oktober bagi pelaku UMKM Kota Juang dan Jeumpa
  • Jumat 16 Oktober bagi pelaku UMKM Kuala
  • Senin 19 Oktober bagi pelaku UMKM Peusangan dan Juli
  • Selasa 20 Oktober bagi pelaku UMKM Peudada dan Peulimbang
  • Rabu, 21 Oktober bagi pelaku UMKM Jangka dan Kutablang
  • Kamis 22 Oktober bagi pelaku UMKM dari Peusangan Siblah Krueng/Selatan
  • Jumat 23 Oktober bagi pelaku UMKM Jeunieb dan Pandrah
  • Senin 26 Oktober bagi pelaku UMKM Samalanga dan Simpang Mamplam
  • Selasa 27 Oktober bagi pelaku UMKM Makmur dan Gandapura