Cara Berhenti Donasi UNICEF

ACEHINSIDE.ID – Anda sedang mencari panduan cara berhenti donasi UNICEF yang mudah dan cepat? Kalau iya, berarti anda harus membaca postingan ini sampai selesai. Di sini kami akan mengupas tuntas panduan tersebut secara detil dan mudah yang  benar-benar telah teruji.

Selain mengulas jelas cara stop donasi UNICEF, di sini kamu juga menyertakan beberapa informasi lain seperti panduan donasi, latar belakang, hingga kegiatan apa saja yang UNICEF lakukan dari sejak dulu hingga saat ini.

Donasi atau disebut juga sumbangan adalah adalah sebuah pemberian pada umumnya bersifat secara fisik oleh perorangan atau badan hukum. Pemberian ini mempunyai sifat sukarela dan ikhlas dengan tanpa adanya harapan imbalan bersifat keuntungan.

Demikian pengertian donasi yang ditulis di wikipedia. Lebih lanjut, ensiklopedia online ini juga menuliskan pemberian donasi dapat berupa makanan ataupun barang. Dalam keadaan tertentu, donasi dapat berupa bantuan kemanusiaan atau bantuan pembangunan.

Sebagai informasi, program donasi yang digagas oleh UNICEF merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendukung kerja-kerja sosial, baik kegiatan sedang dan yang akan mereka dilakukan.

Untuk diketahui, UNICEF Indonesia adalah salah satu organisasi dunia yang menerima sumbangan dari masyarakat. Sumbangan tersebut digunakan untuk membantu pembangunan manusia, khususnya anak-anak dan kaum perempuan dibanyak negara.

Oleh karena kerja-kerja sosial seperti ini, banyak orang yang tertarik untuk berdonasi. Baik menjadi donatur tetap ataupun donatur sekali waktu. Khusus bagi donatur tetap, ada kalanya harus mencari cara stop donasi UNICEF untuk berhenti sementara waktu sebagai donatur.

Berhenti donasi bukan berarti seseorang tidak peduli lagi dengan agenda-agenda sosial yang dilakukan oleh organisasi ini. Bisa jadi karena hal lain yang lebih urgen dan mendesak, sehingga seseorang mengambil inisiatif untuk berhenti berdonasi.

Lantas bagaimana panduan cara berhenti donasi UNICEF Indonesia yang mudah dan cepat? Sebelumnya menguraikannya satu persatu, penting kiranya kami menjelaskan terlebih dulu apa itu UNICEF dan apa yang mereka kerjakan di Indonesia selama ini.

***

Pengertian UNICEF

United Nations Emergency Children’s Fund atau disingkat UNICEF adalah salah satu organisasi di bawah naungan PBB. Organisasi ini didirikan pada 11 Desember 1946 dengan tujuan memberikan bantuan kemanusiaan terutama kepada anak-anak yang terkena dampak akibat perang dunia ke II.

Berhenti Donasi

UNICEF turut menjadi kekuatan pendorong untuk membantu pembangunan dunia yang merealisasikan hak-hak anak. Mereka mempunyai toritas global dalam mempengaruhi pengambil keputusan dan berbagai mitra di tingkat dasar untuk mengubah gagasan yang paling inovatif menjadi kenyataan.

Secara garis besar, salah satu organisasi Internasional ini mempunyai tujuan yang memfokuskan pada anak-anak. Mereka diberikan kewenang oleh pemerintah dunia untuk memberikan, mempromosikan, dan melindungi hidup dan hak-hak anak di seluruh negara.

Di Indonesia sendiri, sebagaimana ditulis di situs resminya, organisasi sosial ini telah bekerja sejak tahun 1948. Pada saat itu, fokus dan agenda sosial pertama yang dilakukan adalah pada penyediaan bantuan darurat untuk mencegah kelaparan di pulau Lombok.

Tepat pada tahun 1949, pemerintah Indonesia menandatangani kerjasama dengan organisasi sosial ini untuk membangun dapur susu di Yogyakarta, pusat pemerintahan baru pada waktu itu. Kemudian, tahun 1969, mereka juga terlibat memberikan bantuan teknis dalam REPELITA pertama.

Beberapa informasi tersebut sebenarnya dikutip langsung dari laman resmi UNICEF. Selain itu, informasi cara stop donasi UNICEF juga mereka cantumkan di sana. Namun, sebelum sampaik kesana, berikut beberapa agenda lain yang telah dilakukan UNICEF.

Selain itu sebagaimana diketahui bersama, gempa bumi dahsyat dibarengi tsunami yang terjadi di Sulawesi pada 28 September 2018 silam mengakibatkan 2.274 orang meninggal dunia, 2.531 terluka dan 561 orang hilang. Diperkirakan 1,5 juta orang terkena dampak secara keseluruhan.

Mereka ikut ambil bagian untuk membantu masyarakat yang terkena dampak. Organisasi menjadi yang pertama mengirimkan pasokan darurat pasca bencana ke wilayah tersebut. Mereka bekerja dengan Pemerintah dan mitra memberikan dukungan segera dan berkelanjutan untuk anak-anak.

Kerja-kerja sosial lain yang dilakukan UNICEF adalah melakukan kampanye imunisasi nasional selama dua tahun di Kota Ambon untuk memvaksinasi hampir 70 juta anak terhadap campak dan rubella. Kampanye ini dilakukan tahun 2018 bekerjasama dengan pemerintah dan organisasi masyarakat sipil.

Sedang di Brebes, kegiatan mereka mendukung inisiatif Kembali ke Sekolah (Back to School Initiative). Setidaknya 7.000 anak memiliki kesempatan untuk kembali ke bangku pendidikan formal dan non-formal. Tentu ini adalah agenda sosial yang harus terus didukung.

Cara Donasi UNICEF Indonesia

Bagaimana cara mendukungnya? Salah satunya adalah terlibat dan menjadi donatur dalam program donasi yang mereka gagas. Dengan begitu, anda telah turut serta bekerja bersama mereka untuk mendukung pembangunan manusia sebagaimana tujuan awal pendirian UNICEF.

Panduan Donasi UNICEF Indonesia

Sebelum mengetahui cara stop donasi UNICEF, informasi cara berdonasi UNICEF kiranya juga perlu diketahui. Berikut cara memberi donasi melalui lembaga UNICEF.

  1. Kunjungi laman supportunicefindonesia.org, baik melalui smartphone atau desktop;
  2. Pilih tipe donasi yang anda inginkan. Ada dua tipe donasi yang disediakan, pertama donasi rutin dan donasi satu kali. Di sana nantinya juga akan disebut berapa minimal donasi;
  3. Kemudian informasikan data diri anda melalui formulir donasi yang tersedia;
  4. Pilih salah satu cara donasi, baik melalui kartu kredit, bank transfer, internet banking, atau convenience store. Khusus untuk donasi rutin hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit;

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda sudah tergabung dalam program donasi UNICEF. Tentunya ini sebuah apresiasi karena keikhlasan Anda untuk menjadi bagian dalam kerja-kerja sosial yang organisasi ini lakukan di Indonesia khususnya.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 6 Tokoh Pahlawan, Ini Pahlawan Pertama di Indonesia

Namun, jika suatu ketika anda ingin menghentikan sumbangan, UNICEF Indonesia juga menyediakan panduan khusus untuk ini. Sebagaimana kami sebut di atas, donasi adalah pemberian yang bersifat sukarelawan. Jadi, jika ingin berhenti berdonasi dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Cara Stop Donasi UNICEF Indonesia

  1. Menghubungi layanan donatur melalui nomor telp (021) 8066 2100. Saat menghubungi layanan ini, sampaikan bahwa anda ingin menghentikan donasi. Dan pastikan saat menghubungi layanan tersebut pada jam operasional yakni terhitung hari Senin sampai Jumat pukul 09.00-17.00.
  2. Mengirim email ke ids.donorlove@unicef.org. Tulis di subjek emailnya berhenti donasi. Sertakan juga dalam email tersebut data diri anda seperti saat pertama Anda terdaftar sebagai donatur UNICEF Indonesia. Hal ini bertujuan agar permintaan anda dapat segera diproses.

Donasi UNICEFPun demikian, jika masih ada yang kurang jelas terkait panduan berdonasi atau pun panduan cara berhenti donasi UNICEF sebagaimana kami tuliskan di atas, anda bisa menghubungi langsung pihak UNICEF melalui laman https://www.supportunicefindonesia.org/contact-us . Demikian ulasan dan panduan, semoga menjadi referensi untuk kita semua. Semoga!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here