Banjir Bandang Terjang 4 Kampung di Aceh Tengah

0
26
Banjir Bandang Aceh Tengah
Kondisi banjir di kawasan Aceh Tengah. Foto: Antara

ACEHINSIDE.ID – Banjir bandang melanda empat kampung di Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah. Banjir disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi dan menyebabkan 11 unit rumah terendam material longsor dan tiga unit mobil hanyut.

“Laporan sementara ada tiga titik yang paling parah terdampak banjir bandang yang melanda kawasan Kebayakan, namun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini,” kata Kepala Bagian Humas Setdakab Aceh Tengah Salman Nuri, sebagaimana dikutip dari medcom.id.

Hujan dengan intensitas tinggi masih berlangsung di Kabupaten Aceh Tengah. Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar telah tiba di lokasi memantau langsung wilayah terdampak banjir.

Baca juga: Jumlah Pengangguran Akibat Corona Capai 2 Juta Lebih

“Pak Bupati saat ini sudah di lokasi untuk memantau langsung dan melakukan penanganan terhadap musibah ini dengan instansi terkait,” kata Salman.

Hujan deras mengakibatkan longsoran tanah diruas jalan Takengon-Bireuen yang mengakibatkan akses transportasi lumpuh. Alat berat telah dikerahkan untuk menyingkirkan material longsor di ruas jalan tersebut.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah juga sudah mendirikan dapur umum di Paya Tumpi. Tim mempersiapkan makanan berbuka puasa untuk warga terdampak banjir bandang.

“Kita berharap intensitas hujan dapat berkurang sehingga banjir yang melanda sejumlah kampong cepat surut dan kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada karena intensitas hujan diperkirakan masih tinggi,” katanya

Baca juga: Tak Pakai Masker, Warga di Aceh Tamiang Disanksi Baca Alquran

Mengutip wikipedia, banjir bandang disebut juga air bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba dengan meluap, menggenangi, dan mengalir deras menghanyutkan benda-benda besar (seperti kayu dan sebagainya). Banjir ini terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah akibat hujan yang turun terus-menerus.

Banjir ini terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah.

Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here