Angkutan Umum
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Angkutan umum bakal diizinkan masuk lagi ke Aceh mulai 5 Juni mendatang. Namun ada sejumlah syarat ketat yang harus dipenuhi demi mencegah penyebaran virus Corona di provinsi Serambi Mekkah ini. Demikian pernyataan Dirlantas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani sebagaimana disiarkan detik.com.

Aturan itu salah satunya adalah kewajiban penggunaan masker bagi sopir dan penumpang. Selain itu, orang-orang yang menggunakan angkutan umum menuju Aceh wajib membawa surat keterangan bebas COVID-19. Para penumpang di dalam bus juga diminta menjaga jarak satu sama lain.

Baca juga: Tingkatkan Skill Melalui Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

“Apabila kendaraan angkutan itu tidak menerapkan protokol kesehatan, akan diputar balik kembali ke Sumut,” jelas Dicky.

Dirlantas Polda Aceh ini mengatakan aturan ketat ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus Corona di Aceh. Dia mengatakan hal tersebut harus dilakukan agar warga Aceh bisa menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Mari kita jadikan Aceh tetap menjadi zona hijau, supaya masyarakat yang tinggal di Aceh tetap sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Bupati Bener Meriah Mengundurkan Diri Saat Shalat Idul Fitri

Akses di empat perbatasan Aceh dengan Sumut saat ini masih dijaga ketat petugas gabungan. Seribuan kendaraan diminta putar balik sejak Kamis (22/5).

“Bagi masyarakat pada saat puasa kemarin sudah keluar dari Aceh, apabila akan kembali masuk Aceh, wajib menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19. Semua ini dilakukan demi keselamatan masyarakat Aceh agar terhindar dari penyebaran virus Corona,” kata Dicky

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh akan melarang semua jenis angkutan publik masuk ke Aceh untuk mencegah penyebaran virus Corona. Semua angkutan umum yang hendak menuju Aceh bakal diminta putar balik ke Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga: Jessica Alba Akan Bintangi Film Netflix Garapan Sutradara Indonesia

“Mengingat akan terjadi ledakan arus mudik mulai 21-23 Mei dan banyak WNI yang bekerja di luar negeri juga kembali ke Indonesia, mulai 21 Mei pukul 10.00 WIB semua angkutan umum jenis apa pun yang memasuki Aceh akan diminta putar balik kembali ke wilayah Sumatera Utara,” kata Dirlantas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani kepada wartawan, Selasa (19/5).