Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi

ACEHINSIDE.ID – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Allah SWT menjanjikan berkah dan kesejahteraan yang berlimpah dan tak terkira. Terdapat sejumlah amalan dan doa yang dapat dilakukan walaupun di masa pandemi Covid-19 yang melanda berbagai Negara.

Menggapai malam penuh berkah dapat dilakukan dengan cara memperbanyak ibadah, amalan, dan berdoa kepada Allah SWT. Ibadah, amalan, dan doa di malam ini mesti dilakukan dengan khusyuk dan penuh ketakwaan berharap hanya pada ridha Allah semata.

Baca juga: Seva Mobil Bekas, Marketplace Oto Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Di masa pandemi virus corona ini, amalan dan doa malam Lailatul Qadar dapat dilakukan di rumah saja. Berikut pedoman amalan dan doa yang bisa dilakukan agar kita sebagai ummat Islam mendapatkan berkah yang tiada terkira di bulan suci Ramadhan ini.

  • Salat lima waktu

Untuk mendapatkan malam penuh berkah ini, selalu lakukan ibadah wajib seperti salat lima waktu dengan khusyuk dan tepat waktu. Untuk menambah pahala salat wajib, salat dapat dilakukan dengan berjamaah di rumah.

  • Melaksanakan salat malam

Di malam ini juga dianjurkan untuk memperbanyak salat malam. Salat malam yang dapat dilakukan adalah salat tarawih, salat taubat, salat tasbih, salat, tahajud, salat hajat, dan salat witir.

  • Membaca Alquran

Membaca Alquran merupakan salah satu ibadah yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW di malam-malam bulan Ramadan termasuk di 10 hari malam terakhir. Allah SWT juga menyukai orang yang banyak membaca Alquran.

  • Memperbanyak zikir

Amalan lain yang dapat dilakukan adalah memperbanyak zikir atau mengingat Allah SWT. Zikir yang dapat dilakukan seperti istigfar, tahlil, tasbih, tahmid, takbil dan berbagai zikir lainnya.

  • Bertaubat

Malam penuh berkah ini juga dapat diisi dengan muhasabah diri atau merenungkan kesalahan serta ibadah yang sudah dilakukan. Lalu, bertaubat kepada Allah dan memperbaiki diri untuk beribadah dengan lebih baik.

  • Bersalawat untuk Rasulullah

Di malam yang hanya ada di bulan Ramadhan ini, umat Islam juga dapat mengirimkan salawat kepada Nabi Muhammad SAW. Terdapat sejumlah salawat yang bisa diamalkan untuk menggapai keberkahan.

  • Bersedekah

Menggapai keutamaan malam tersebut juga bisa dilakukan dengan memperbanyak sedekah. Sedekah dapat diberikan kepada saudara, tetangga, fakir miskin, dan sebagainya yang membutuhkan uluran tangan kita.