Air Rebusan Daun Pandan
Loading...

ACEHINSIDE.ID – Air rebusan daun pandan merupakan salah satu ramuan tradisional yang kaya manfaat untuk kesehatan. Daun pandan adalah tumbuhan yang mengandung senyawa polifenol, flavonoid, saponin,┬ádan alkaloid. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi sebagai antibakteri.

Bagi masyarakat kita, tumbuhan ini sering digunakan untuk resep masakan, khususnya hidangan kue atau camilan sebagai pewarna dan pewangi. Namun, tak jarang juga daun ini dijadikan sebagai bahan baku untuk menambah aroma pada minuman karena memiliki rasa dan aromanya yang khas.

Ternyata dibalik aroma khas yang terkandung dalam daun ini, menyimpan manfaat untuk kesehatan. Sebagaimana dilansir dari Rhymbahills Tea, daun pandan seperti rumput tinggi yang tumbuh di Asia mengandung nutrisi penting, termasuk saponin, polifenol, tanin, pigmen, dan alkaloida.

Cara mendapatkannya cukup sederhana, yakni merebusnya bersamaan dengan air. Cara ini sangatlah mudah tanpa perlu mengeluarkan banyak energi. Menurut banyak sumber, ada banyak manfaat yang didapat dari air rebusan ini, terlebih jika dikonsumsi secara teratur.

Pertanyaan, apakah ada efek samping minum air rebusan daun pandan? tentunya ini perlu kajian ilmiah untuk melihat ada atau tidaknya efek yang ditimbulkan.

Turunkan Tekanan Darah
Sebagaimana diketahui, darah tinggi atau hipertensi salah satu risiko penyakit jantung dan stroke. Aroma khas yang dimiliki oleh tumbuhan yang hampir menyerupai rumput ini membantu tubuh untuk rileks sehingga dapat mengatasi stres. Caranya, cukup dengan mengkonsumsi air rebusan daun ini.

Atasi Masalah Kulit
Manfaat lain yang didapat dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun yang banyak tumbuh di Asia adalah mengatasi masalah kulit. Sebagai informasi, banyak kosmetik yang beredar sekarang menjadi daun pandan sebagai salah satu kandungan didalamnya.

Mengatasi Masalah Saraf
Khasiat daun pandan untuk saraf tentu tidak diragukan lagi, terlebih jika diminum secara teratur. Selain itu, manfaat daun pandan untuk pria dan wanita adalah mengatasi masalah pencernaan. Dengan bantuan daun pandan akan memudahkan atau melancarkan pencernaan seseorang.

Anti Nyeri
Daun pandan punya sifat anti inflamasi atau peradangan dan nyeri. Bisa mengatasi sakit kepala, sakit telinga, sakit dada, radang sendi. Oleh karena itu, rutin mengkonsumsi air rebusan daun pandan dapat mengatasi beberap masalah kesehatan sebagaimana disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here